Jumat, 1 Maret 2024

Kepsek di Malang Dilarang Wajibkan Siswa Beli Seragam di Sekolah

Ali Muntoha
Jumat, 28 Juli 2023 15:54:00
Ilustrasi: Seragam sekolah. (Murianews/Vega Ma'arijil Ula)

Murianews, Malang – Kepala Sekolah (kepsek) di Kabupaten Malang, Jawa Tengah, diinstruksikan untuk tak mewajibkan pembelian seragam di sekolah. Instruksi ini dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Malang.

Kepala Dinas Pendidikan Malang Suwadji mengatakan, pelarangan kewajiban membeli seragam di sekolah itu untuk memberi kelonggaran pada orang tua siswa.

Sehingga keluarga yang tidak mampu bisa mencari seragam sekolah dengan harga yang lebih murah.

”Pada dasarnya diharapkan untuk seragam pengadaannya (siswa) bisa beli sendiri atau bisa melalui koperasi sekolah. Sedangkan sekolah dilarang mewajibkan beli kain seragam melalui sekolah,” katanya dikutip dari Beritajatim, Jumat (28/7/2023).

Ia mengatakan, Permendikbudristek Nomor 50 Tahun 2022 telah mengatur tentang pengadaan seragam sekolah. Di mana, pengadaan seragam sekolah tidak boleh memberatkan peserta didik.

”Untuk memakai seragam sesuai kebijakan sekolah pada bulan pertama ini, siswa pakaiannya belum seragam tidak apa-apa, sambil proses masing-masing siswa beli,” tutur Suwadji.

Pihaknya telah mengeluarkan surrat edaran mengenai kebijakan terkait serama sekolah ini. Termasuk di dalamnya larangan pungutan biaya tanpa musyawarah, hingga tidak mewajibkan siswa membeli seragam setiap pergantian tahun.

”Sehingga untuk tekhnisnya bisa dimusyawarahkan komite sekolah dengan wali murid terlebih dahulu,” beber Suwadji.

Untuk seragam khusus seperti seragam olahraga, diharapkan pihak sekolah tidak mamatok dengan harga tinggi. Pihaknya juga mengharapkan adanya musyawarah dengan pihak wali murid terkait persoalan harga seragam.

Komentar