Rabu, 28 Februari 2024

47 Tower Rusun untuk ASN di IKN Nusantara Mulai Dibangun

Ali Muntoha
Selasa, 29 Agustus 2023 15:18:00
Titik Nol IKN Nusantara. (Istimewa/Setkab)

Murianews, Jakarta – Pembangunan rumah susun (rusun) untuk ASN dan pegawai pertahanan keamanan di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara, Kalimantan Timur. Rencananya akan dibangun 47 tower rusun.

Anggaran yang dibutuhkan untuk membangun 47 tower rusun untuk ASN di IKN Nusantara itu Rp 9,4 triliun.

Dirjen Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto mengatakan pembangunan rusun ditarget rampung secara keseluruhan pada Desember 2024

”Pembangunan 47 tower rusun yang telah dimulai dengan menggunakan dana APBN senilai Rp 9,4 triliun. Sisanya akan menyusul dibangun rusun dengan pendanaan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU),” kata Iwan dikutip Murianews.com dari laman KemenPUPR, Selasa (29/8/2023).

Ia merinci, 47 tower rusun yang akan dibangun di IKN Nusantara terdiri dari 31 rusun untuk ASN dengan jumlah 1.860 unit.

Kemudian Rusun Hankam terdiri dari tujuh rusun untuk personel POLRI dan Badan Intelijen Negara (BIN) serta 9 rusun untuk Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan total 960 unit.

Secara keseluruhan dari 47 tower rusun ASN-Hankam memiliki total 2.820 unit dengan tipe 98 m2 untuk tiap unitnya.

”Masing-masing towernya setinggi 12 lantai, terdiri dari lantai 1 dan 2 dimanfaatkan untuk podium fasilitas umum. Sedangkan 10 lantai sisanya untuk hunian. Tiap unit rusun disiapkan tiga kamar tidur,” ujarnya.

Tower rusun untuk ASN dan Hankam di IKN Nusantara berada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dan IKN sub-WP 1A dengan total lahan seluas 45,91 hektare.

”Kementerian PUPR dalam hal ini bertugas untuk menjamin kepastian ketersediaan prasarana dan sarana yang ada di IKN. Sedangkan Otorita IKN nantinya yang akan mengatur detail tentang pengisian atau penghunian tower tersebut," tegasnya.

Komentar