Kamis, 29 Februari 2024

Dibidik KPK, Segini Harta Kekayaan Mentan Syahrul Yasin Limpo

Ali Muntoha
Jumat, 29 September 2023 07:59:00
Mentan RI Syahrul Yasin Limpo (Murianews/Saiful Anwar)

Murianews, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah Menteri Pertanian atau Mentan Syahrul Yasin Limpo, Kamis (28/9/2023) malam. KPK saat ini tengah menyelidiki dugaan korupsi di kementerian yang dipimpin politisi Nasdem itu.

Berdasarkan data Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Mentan Syahrul Yasin Limpo tercatat mempunyai kekayaan sekitar Rp 20 miliar. Kekayaan itu terdiri dari tanah dan bangunan yang jumlahnya cukup banyak.

Mentan Syahrul Yasin Limpo melaporkan mempunyai 16 bidang tanah dan bangunan. Sebagian besar tersebar di Gowa dan Makassar, Sulawesi Selatan. Total nilai aset ini mencapai Rp 11 miliar.

Mentan Syahrul Yasin Limpo juga tercatat mempunyai tujuh mobil yang total nilainya dilaporkan mencapai Rp 1,4 miliar. Syahrul Yasin Limpo juga memiliki satu unit motor Harley Davidson.

Selain itu, Syahrul juga melaporkan memiliki harta bergerak lainnya senilai sekitar Rp 1,1 miliar, serta kas dan setara kas senilai sekitar Rp 6,1 miliar.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan itu dalam LHKPN melaporkan tidak memiliki utang. Sehingga total harta kekayaan Syahrul Yasin Limpo dalam LHKPN tercatat Rp 20.058.042.532.

Syahrul Yasin Limpo diangkat sebagai Menteri Pertanian di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2019. sebelumnya Syahrul Yasin Limpo menjadi Gubernur Sulawesi Selatan selama dua periode.

Pada awal 2023 KPK mengumumkan tengah melakukan penyelidikan dugaan kasus korupsi di Kementan. Nama Syahrul Yasin Limpo pun terseret.

KPK juga telah melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap Syahrul Yasin Limpo pada 19 Juni 2023 lalu. Syahrul Yasin Limpo menyatakan akan kooperatif dan membantu dalam pemeriksaan oleh KPK tersebut.

Rumah Mentan Syahrul Yasin Limpo digeledah KPK Kamis (28/9/2023) malam. Ada sejumlah tim yang dikerahkan di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Dikutip dari Suara.com, Juru bicara KPK Ali Fikri juga telah membenarkan adanya penggeledahan di rumah Syahril Yasin Limpo. ”Benar, ada kegiatan tim KPK di sana," katanya.

KPK tengah menyelidiki tiga klaster dugaan korupsi di lingkungan Kementan. KPK juga sedang menganalisis keterangan 49 pejabat di Kementan, termasuk Mentan Syahrul Yasin Limpo.

Komentar