Jumat, 1 Maret 2024

Mentan Syahrul Yasin Limpo Dikabarkan Mundur, Ini Respon Istana

Ali Muntoha
Kamis, 5 Oktober 2023 12:57:00
Presiden Jokowi berada di Pesawat Kepresidenan hendak terbang ke Afrika, beberapa waktu lalu. (Istimewa/Setkab)

Murianews, Jakarta – Syahrul Yasin Limpo dikabarkan akan mengundurkan diri dari jabatan Menteri Pertanian (Mentan), Kamis (5/10/2023). Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan pihak istana pun buka suara.

Kabar tentang rencana mundurnya Mentan Syahrul Yasin Limpo itu mencuat dari agenda Syahrul yang tersebar. Mentan diagendakan akan bertemu Jokowi, dan dikabarkan akan langsung mengundurkan diri.

Ketika ditanya wartawan terkait rencana mundurnya Mentan Syharul Yasin Limpo ini, Jokowi memberikan jawaban singkat.

”Jangan berandai-andai," kata Jokowi di kawasan Monumen Nasional (Monas), Kamis (5/10/2023) dikutip dari CNBC Indonesia.

Terkait rencana menghadapnya Mentan Syahrul Yasin Limpo hari ini, Jokowi juga mengaku belum tahu. Ia meminta wartawan untuk bertanya ke Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

”Enggak tahu, belum tahu, belum tahu, belum tahu. Tanyakan Mensesneg (Pratikno) apakah sudah diatur jamnya, saya belum, belum," ujar Jokowi.

Sementara itu, Mensesneg kepada Tempo.co mengatakan bahwa pihak Istana belum menerima surat pengunduran diri dari Mentan Syahrul Yasin Limpo.

”Kami belum terima surat tersebut," kata Pratikno.

Sebelumnya, Febri Diansyah yang ditunjuk sebagai kuasa hukum Syahrul Yasin Limpo membenarkan jika Mentan akan menghadap Jokowi hari ini. Namun ia tidak menyinggung tentang rencana Mentan yang akan mundur.

Menurutnya, ia telah bertemu Syahrul Yasin Limpo di NasDem Tower pada Rabu (4/10/2023) malam.

”Saya diminta untuk menyampaikan bahwa besok (hari ini) Pak Mentan akan ke istana menghadap bapak presiden," katanya.

Komentar