Jumat, 23 Februari 2024

Ketua KPK Firli Bahuri Absen Panggilan Polda Metro soal SYL

Ali Muntoha
Jumat, 20 Oktober 2023 13:43:00
Ketua KPK Firli Bahuri. (Instagram/Official.KPK)

Murianews, Jakarta – Ketua KPK Firli Bahuri, Jumat (20/10/2023) hari ini dipanggil penyidik Polda Metro Jaya terkait dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). Namun Firli absen tak memenuhi panggilan penyidik.

Absennya Firli menurut Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, lantaran masih ada agenda yang telah terjadwal sebelumnya.

”Mengingat pada waktu dan tanggal tersebut terdapat kegiatan yang telah teragenda sebelumnya, maka Ketua KPK belum dapat menghadiri panggilan dimaksud," ujar Ghufron dikutip dari Detik.com.

Ia menjelaskan, KPK telah mengirim surat terkait absennya Firli Bahuri ke Polda Metro Jaya. KPK meminta pemeirksaan dijadwalkan ulang.

”Pimpinan telah mengkonfirmasi dengan berkirim surat untuk meminta waktu penjadwalan ulang dengan tembusan Kapolri dan Menko Polhukam RI," ujarnya.

Dijelaskan, jika surat panggilan pemeriksaan dari Polda Metro Jaya diterima Kamis (19/10/2023). Firli disebutnya juga masih memerlukan waktu mempelajari materi pemeriksaan di kasus pemerasan SYL.

Meski demikian, ia mengatakan KPK akan koperatif dalam penanganan dugaan kasus pemerasan kepada SYL yang tengah bergulir di Polda Metro Jaya. Kasus itu, kata Ghufron, juga tidak akan menghambat penanganan korupsi SYL yang telah ditangani KPK.

"KPK sebagai lembaga penegak hukum tentunya juga patuh terhadap hukum. Yakni hukum yang benar-benar sesuai prosedur, hukum acara, serta fakta-fakta hukumnya. Kami memastikan bahwa proses ini tidak akan mengganggu ataupun menghambat proses-proses hukum tindak pidana korupsi yang sedang KPK lakukan," terangnya.

Sementara itu Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan, pihaknya telah menerima surat dari pihak Firli Bahuri dan pemeriksaan akan dijadwalkan ulang pada pekan depan.

”Atas surat dimaksud, kami dari tim penyidik akan melakukan panggilan ulang yang akan dijadwalkan Minggu depan untuk diberikan kembali surat panggilan ulang terhadap saudara FB,” terangnya.

Ade Safri menerangkan pemanggilan ulang terhadap Firli Bahuri akan dikirim hari ini. Firli Bahuri diminta hadir dalam pemeriksaan pekan depan.

Komentar