Jumat, 1 Maret 2024

2,9 Juta Produk di Indonesia Telah Kantongi Sertifikat Halal

Ali Muntoha
Jumat, 27 Oktober 2023 21:21:00
Sistem Informasi Halal (Sihalal) milik BPJPH. (Istimewa/Kemenag)

Murianews, Jakarta – Badan Penyelengara Jaminan Produk Halal (BPJPH) menyebut sebanyak 2,9 juta produk di Indonesia telah mengantongi sertifikat halal. Hal ini telah melampaui target yang ditentukan, yakni satu juta priduk bersertifikat halal.

Hal ini dikatakan Kepala BPJPH M Aqil Irham. Capaian ini juga ia laporkan pada Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada gelaran Sharia Economic Festival (ISEF) ke-10 tahun 2023 di JCC, Jakarta, Kamis (26/10/2023).

”Grafik pertumbuhan jumlah penerbitan sertifikat halal meningkat signifikan. Terutama dalam dua tahun terakhir. Hingga hari ini, sebanyak 2,9 juta produk telah bersertifikat halal," kata Aqil Irham dikutip Murianews.com dari laman Kemenag, Jumat (27/10/2023).

Disebutkan, berbagai upaya telah dilakukan dalam mewujudkan transformasi layanan sertifikasi halal yang mudah, murah, cepat, profesional dan akuntabel. Dimulai dari percepatan regulasi, digitalisasi sistem layanan Sihalal, penetapan tarif layanan yang terjangkau, dan fasilitasi sertifikasi halal gratis bagi UMKM.

BPJPH juga melakukan penguatan infrastruktur layanan dengan memperkuat dan memperbanyak Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) dan Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) berikut SDM-nya.

Terbaru, BPJPH juga memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan Blockchain untuk mendukung digitalisasi layanan.

”Hingga saat ini telah terbentuk 66 LPH yang didukung oleh 776 Auditor Halal. Juga, 221 LP3H dengan 71.133 Pendamping PPH yang tersebar di seluruh Indonesia. Ini kami maksudkan agar layanan sertifikasi halal menjadi semakin dekat kepada masyarakat," papar Aqil.

Selain itu saat ini juga sudah tersedia 4.146 penyelia halal untuk mendukung ekosistem industri halal di Indoneisa.

”Dan kami masih terus berupaya memperkuat SDM di bidang halal ini dengan terus mendorong pelatihan-pelatihan Auditor Halal, Pendamping PPH, Penyelia Halal, Juru Sembelih halal, termasuk melalui 16 Lembaga Pelatihan JPH yang ada," pungkasnya.

Komentar