Jumat, 1 Maret 2024

KPK Sempat Kecele Cari Harun Masiku di Luar Negeri

Ali Muntoha
Rabu, 15 November 2023 12:03:00
Harun Masiku (Istimewa)

Murianews, Jakarta – Perburuan terhadap buron kasus korupsi Harun Masiku belum membuahkan hasil. Bahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sempat kecele saat mencari Harun Masiku di luar negeri.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, beberapa waktu lalu tim KPK mendapatkan informasi keberadaan Harun Masiku di sebuah negara. Tim KPK langsung meluncur ke negara tersebut, namun tak membuahkan hasil.

”HM kita masih terus melakukan pencarian, beberapa waktu yang lalu Plt Deputi Penindakan (Asep Guntur Rahayu) menyampaikan berangkat ke negara tetangga tapi lagi-lagi belum berhasil melakukan penangkapan walaupun informasi sudah cukup kuat," kata Firli dikutip dari Suara.com, Rabu (15/11/2023).

Ia mengatakan jika surat perintah penangkapan dan pencarian terhadap Harun Masiku telah ditandatanganinya. Bahkan surat itu sudah diteken sejak tiga pekan lalu.

Harun Masiku merupakan tersanagka kasus penyaiapan mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan pada Januari 2020. Harun Masiku mememberikan suap agar lolos ke DPR RI melalui pergantian antarwaktu (PAW).

Sudah tiga tahun Harun Masiku menjadi buronan. Pada kasus ini, KPK menetapkan 4 orang tersangka. Wahyu Setiawan selaku penerima suap telah divonis penjara selama 7 tahun dan denda Rp 200 juta.

Kemudian Saeful Bahri dan Agustiani sebagai perantara telah divonis masing-masing satu tahun delapan bulan dan penjara empat tahun.

Komentar