Jumat, 1 Maret 2024

Puan Ajak Para Ketua Parlemen Negara MIKTA Temui Jokowi, Ada Apa?

Ali Muntoha
Senin, 20 November 2023 14:11:00
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Istimewa/Instagram @puanmaharani)

Murianews, Jakarta – Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak para ketua parlemen anggota MIKA untuk bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan ini dilakukan di sela-sela perhelatan MIKTA Speakers' Consultation ke-9, Senin (20/11/2023).

MIKTA merupakan grup negara-negara middle power (kekuatan menengah) yang terdiri dari Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia. Sementara MIKTA Speakers’ Consultation merupakan forum konsultatif Ketua Parlemen anggota MIKTA.

Indonesia memegang keketuaan MIKTA tahun 2023, DPR bertindak sebagai tuan rumah MIKTA Speakers’ Consultation ke-9 yang akan digelar di Hotel Kempinsky, Jakarta Pusat 20 November 2023.

Pada periode keketuaan MIKTA tahun ini, DPR mengusung tema ”Strengthening Multilateralism, Addressing Intergenerational Challenges”.

Puan Maharani menjelaskan alasan pertemuan para ketua parlemen MIKTA bertemu Jokowi.

”Pertemuan pimpinan parlemen anggota MIKTA dengan Presiden Jokowi merupakan bagian komitmen bahwa parlemen siap berkontribusi aktif untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan internasional,” kata Puan dikutip dari laman DPR RI.

Menurutnya, pertemuan antara parlemen anggota MIKTA dengan Jokowi menjadi penting mengingat sebelumnya juga sudah diselenggarakan pertemuan para pemimpin negara anggota MIKTA. Saat itu, Jokowi bahkan memimpin pertemuan MIKTA Leaders’ Gathering yang diselenggarakan untuk pertama kalinya sejak MIKTA berdiri, pada 9 September lalu.

Saat itu Jokowi menekankan bahwa tantangan global yang sangat rumit saat ini harus dihadapi dengan kolaborasi dan kerja sama antarnegara. Puan Maharani menyebut, parlemen bertekad untuk ikut menjadi bagian dari solusi permasalahan global bersama pemerintah.

”Diperlukan kerja sama antara pemerintah dan parlemen untuk memastikan setiap permasalahan global dapat diselesaikan demi kesejahteraan rakyat,” ucap Ketua DPP PDIP tersebut.

Komentar