Rabu, 21 Februari 2024

Jokowi Resmi Lantik Maruli Simanjuntak sebagai KSAD yang Baru

Ali Muntoha
Rabu, 29 November 2023 15:01:00
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Jenderal Maruli Simanjuntak sebagai KSAD. (Istimewa/Setkab)

Murianews, Jakarta – Maruli Simanjuntak resmi dilantik sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang baru. Pelantikan KSAD ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (29/11/2023).

Pelantikan Maruli Simanjuntak sebagai KSAD ini dihadiri sejumlah menteri. Termasuk Menkopolhukam Mahfud MD, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga hadir sebagai saksi.

Maruli Simanjuntak dilantik untuk menggantikan Jenderal Agus Subiyanto yang diangkat Jokowi menjadi Panglima TNI beberapa waktu lalu.

Pengangkatan Maruli Simanjuntak sebagai KSAD berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 103/TNI/Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat.

Keppres itu dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan sebelum pembacaan sumpah jabatan dilakukan.

Maruli Simanjuntak juga mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari Letjen menjadi Jenderal. Kenaikan pangkat tersebut diberikan berdasarkan Keppres Nomor 104/TNI Tahun 2023 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

”Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ucap Presiden Jokowi mendiktekan sumpah jabatan.

Sebelumnya Jenderal Maruli Simanjuntak merupakan Panglima Panglima Komando Cadangan Strategis TNI AD (Pangkostrad). Maruli merupakan menantu Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Jenderal Maruli Simanjuntak yang berasal dari alamamater Kopassus ini juga dikenal cukup dekat dengan Jokowi. Hal ini seiring yang ditugaskan menjadi Komandan Paspampres.

Komentar