Rabu, 21 Februari 2024

Polri Mutasi Besar-besaran, Lima Kapolda Diganti

Ali Muntoha
Jumat, 8 Desember 2023 16:10:00
Kapolri Listyo Sigit Prabowo memimpin gelar pasukan Operasi Mantap Brata. (Istimewa/Humas Polri)

Murianews, Jakarta – Polri melakukan mutasi besar-besaran terhadap perwira menengah (pamen) hingga perwira tinggi. Ada 535 perwira yangi dimutasi dan dirotasi, lima di antaranya kapolda.

Mutasi besar-besaran ratusan perwira Polri ini terutang dalam dua Surat Telegram bernomor ST/2749/XII/KEP./2023 dan ST/2750/XII/KEP./2023 tertanggal 7 Desember 2023.

Lima kapolda yang diganti yakni Kapolda Sulawesi Selatan (Sulsel), Kapolda Kalimantan Selatan (Kalsel), Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Kapolda Papua Barat dan Kapolda Kepulauan Riau (Kepri).

Asisten Kapolri Bidang SDM Irjen Dedi Prasetyo membenarkan adanya mutasi yang dilakukan Polri menjelang akhir tahun 2023 ini. Menurut dia, mutasi merupakan hal yang alamiah di dalam Polri.

”Pergantian dilakukan kepada personel memasuki masa purna bakti. Lalu ada promosi, menambah pengalaman tugas tour of duty dan tour of area serta fokus persiapan pengamanan Pemilu dan Operasi Lilin, pengamanan Nataru serta menjaga harkamtibmas,” katanya dilansir dari Humas Polri, Jumat (8/12/2023).

Dalam mutasi ini, Kapolda Sulsel yang saat ini dijabat Irjen Pol Setyo Budi Moempoeni Harso diganti Irjen Pol Andi Rian Djajadi yang sebelumnya menjabat Kapolda Kalsel.

Pengganti Irjen Pol Rian yakni Irjen Pol Winarto yang sebelumnya menjabat Pati Baintelkam Polri.

Lalu Kapolda NTT Irjen Pol Johanis Asadoma dimutasi sebagai Analis Kebijakan Utama Bidang Misinter Divhubinter Polri. Penggantinya yaitu Irjen Pol Daniel Tahi Monang yang sebelumnya menjabat Kapolda Papua Barat.

Pengganti Irjen Pol Daniel sebagai Kapolda Papua Barat yakni Brigjen Pol Johnny Eddizon Isir yang sebelumnya sebagai Karojianstra Sops Polri.

Sementara Jabatan Kapolda Kepri yang kini dijabat Irjen Tabana Bangun digantikan oleh Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah yang saat ini menjabat Karosundokinfokum Divkum Polri.

Selain jabatan Kapolda, ada dua jabatan lainnya yang mengalami pergantian yakni Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi yang memasuki masa pensiun digantikan Brigjen Aan Suhanan yang kini menjabat Dirgakkum Korlantas Polri.

Lalu Kadensus 88 Antiteror Polri berganti dari sebelumnya dijabat Irjen Pol Marthinus Hukom digantikan Brigjen Pol Sentot Prasetyo. Irjen Marthinus hari ini dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

Pergantian jabatan juga berlaku untuk posisi Wakapolda. Brigjen Abioso Senoaji Wakapolda Jawa Tengah diangkat dalam jabatan baru sebagai Widyaiswara Kepolisian Utama TkI Sespim Lemdiklat Polri. Posisinya digantikan oleh Kombes Agus Suryonugroho, mantan Dirlantas Polda Jateng.

Wakapolda Jambi Brigjen Yudawan Roswibarso dimutasi dalam jabatan baru sebagai Wakapolda Kalimantan Timur. Jabatan Wakapolda Jambi kini dipercayakan kepada Brigjen Edi Mardianto yang sebelumnya menjabat Wakapolda Sumatera Barat.

Lalu, jabatan Wakapolda Sumatera Barat dipercayakan kepada Brigjen Gupuh Setiyono, yang sebelumnya sebagai Karoprovos Divpropam Polri. Posisi Puguh di Divpropam Polri digantikan oleh Kombes Sumarto.

Brigjen Raden Slamet Santoso yang semula menjabat sebagai Wakapolda DIY diangkat dalam jabatan baru sebagai Dirgakkum Korlantas Polri.

Dalam mutasi dan rotasi kali ini, juga ada empat polisi wanita (polwan) yaitu Kombes Pol Nurul Azizah dipromosikan menjadi Dirprogsarjana STIK, Kombes Pol Emi Sumijati dipromosi menjadi Karo SDM Polda DIY, AKBP Yolanda Evalyn Sebayang dipromosi menjadi Wakapolres Metro Tangerang, dan AKBP Herlina dipromosi menjabat Kapolres Magelang.

Komentar