Kamis, 29 Februari 2024

Soal Karaoke, Bupati Kudus Diminta Evaluasi Kinerja Satpol PP

Anggara Jiwandhana
Jumat, 14 Juli 2023 08:27:00
Anggota DPRD Kudus Sutriyono (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Satuan polisi pamong praja (Satpol PP) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dinilai melempem dalam menindak praktik karaoke di Kota Kretek. Kalangan DPRD pun meminta bupati mengevaluasi kinerja mereka.

Salah satu yang meminta hal ini adalah anggota DPRD Kudus dari Fraksi Amanat Nasional Hanura Democrat (FAN HD) Sutriyono. Dia menyebut penegakan Perda Nomor 10 tentang penertiban usaha hiburan, diskotik, kelab malam, pub dan penataan hiburan karaoke tidak berjalan maksimal.

”Karena itu kami minta bupati untuk mengevaluasi dinas terkait dan terus meningkatkan kinerjanya, selagi masih ada waktu kepemimpinannya di tahun ini,” ucapnya Jumat (14/7/2023).

Pihaknya menyadari penindakan dan penertiban ini tidak bisa dilaksanakan secara sepihak. Meski begitu dia berharap pemerintah daerah khususnya dinas terkait memiliki keseriusan untuk memberantas penyakit masyarakat tersebut.

Bupati Kudus HM Hartopo sendiri menyebut pihaknya telah berupaya dengan keras untuk menertibkan karaoke di Kudus. Dia bahkan sampai turun sendiri dan melihat kondisi nyata di lapangan.

Di mana memang banyak sekali pelaku yang kucing-kucingan. ”Saya terjun langsung ke sana dan ikut menyegel, nyatanya sampai ada yang merusak segel dan kucing-kucingan,” katanya.

Meski begitu dia siap untuk melakukan evaluasi secara menyeluruh. Termasuk di antaranya terkait peningkatan hukuman yang tertera di Perda itu sendiri agar menimbulkan efek jera pada para pelakunya.

”Perda itu kan dibahas di sini, harapan kami eksekutif yang ikut terjun langsung melakukan penindakan bisa diajak untuk membahas bersama-sama, supaya ada yang bisa menimbulkan efek jera,” ungkapnya.

 

Editor: Cholis Anwar

Komentar