Kamis, 29 Februari 2024

Kudus Putuskan Rumah dengan Harga Segini Tak Kena PBB

Anggara Jiwandhana
Kamis, 20 Juli 2023 14:15:00
Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kudus, Sutriyono (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Pemkab Kudus memutuskan tidak mengenakan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dengan harga di bawah Rp 30 juta. Keputusan tersebut akan berlaku mulai tahun 2024 mendatang.

Hal ini setelah rancangan peraturan daerah (Ranperda) Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Pemkab Kudus tahun 2023 yang diajukan pansus II diparipurnakan, Selasa (18/7/2023) lalu.

Sebelumnya, kriteria nilai bangunan tidak kena PBB di Kudus adalah sebesar Rp 10 juta. Jumlah tersebut dinilai terlalu rendah mengingat nilai tanah dan bahan bangunan terus meningkat.

”Sesuai amanat UU No 1 th 2022 tentang Pajak dan retribusi tersebut harus efektif mulai berlaku 1 Januari 2024 mendatang, secara umum sama Cuma ada beberapa poin yang diubah, seperti ketentuan rumah tidak kena PBB itu,” ucap Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kudus, Sutriyono, Kamis (20/7/2023).

Melalui perubahan ini, DPRD Kudus, lanjut dia, ingin meringankan beban PBB untuk masyarakat kurang mampu. Utamanya mereka yang tidak memliki tanah sempit dan berpenghasilan rendah.

”Kami harapkan ini bisa bermanfaat untuk ke depan dan seterusnya,” ungkapnya.

Selain mengubah nilai rumah tidak kena pajak, dalam ranperda yang telah diparipurnakan itu juga mengatur tentang retribusi parkir di Kabupaten Kudus.

Di mana retribusi parkir umum di Kabupaten Kudus adalah sebesar Rp 2 ribu untuk kendaraan roda dua dan Rp 3 ribu untuk kendaraan roda empat atau mobil. Sementara untuk retribusi terminal parkir bus disepakati berada di angka Rp 25 ribu.

Target PBB Pemkab Kudus pada tahun 2023 ini sendiri adalah sebesar Rp 44,64 miliar. Jumlah tersebut kini mulai terpenuhi seiring banyaknya wajib pajak yang membayar pajak.

 

Editor: Supriyadi

 

Komentar