Selasa, 28 November 2023

Enam Mahasiswa UMK Kudus Tembus Magang di EF Eduka

Anggara Jiwandhana
Sabtu, 29 Juli 2023 10:17:00
Prodi PBI UMK saat berkunjung ke EF beberapa waktu lalu (Murianews/Istimewa)

Murianews, Kudus – Enam mahasiswa UMK (Universitas Muria Kudus), Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) lolos seleksi program asistensi mengajar di lembaga kursus Bahasa Inggris berskala nasional di Jawa Timur, yaitu EF (English First) Eduka.

Mereka yang berhasil lolos tersebut adalah Digna Nabila, Muhammad Asadur Rahman, Adelia Nanda Lusya, Nova Cantika, Amalia Tasya, dan Safrina Nurul Fitriyah. Mahasiswa UMK ini akan magang di EF Eduka.

Dosen PBI UMK, Diah Kurniati mengungkapkan, kegiatan program magang tersebut akan berlangsung selama enam bulan. Enam mahasiswa UMK itu akan mulai magang pada Juli 2023 hingga Januari 2024.

“Dan, usai magang dapat dilanjutkan dengan kontrak kerja selama satu tahun setelahnya,” jelasnya.

Sementara itu, Kaprodi PBI, Rusiana, berharap, kerjasama ini akan tetap berlanjut di tahun tahun mendatang dengan jumlah peserta lebih banyak lagi. Selain itu, Rusiana juga menyampaikan ke pihak EF kemungkinan untuk kerjasama dalam program lain.

“Rencananya PBI akan mengundang EF untuk mengirimkan guru untuk menjadi invited plenary speakers dalam seminar nasional yang akan dilaksanakan pada 4 Oktober 2023 mendatang,” tuturnya.

Salah satu mahasiswa UMK yang mengikuti program magang ini, Nova Cantika mengaku tidak menyangka bisa lolos seleksi magang di EF Surabaya. Pasalnya, ia masih butuh meyakinkan diri untuk hidup jauh dari keluarga.

“Tapi ternyata pas disini alhamdulilah seneng bisa ketemu orang-orang yang concern pendidikan. Dari EF tuh aku jadi belajar kalau bahasa Inggris tuh dipelajari dari konsep basic-nya dan diajarin ke anak-anak dengan fun dan kreatif aja gitu,” urainya.

“Setelah magang harapannya ada offering untuk lanjut kerja. Semoga nantinya kalau lanjut kerja di EF bisa jadi guru yang ngerti kebutuhan anak-anak dan ilmunya bisa berlanjut terus,” sambungnya.

Mahasiswa UMK PBI lain yang lolos magang, Amalia Tasya juga merasakan hal yang sama. Baginya, ini merupakan pengalaman pertama mengikuti magang di tempat yang jauh dari tempat ia tinggal.

“Saya juga cukup terkejut saat pertamakali berada di EF karena lingkungannya benar-benar menggunakan Full English, meskipun tidak sedang dalam kegiatan pembelajaran. Semua hal di sini sangat baru untuk saya, jadi saya perlu belajar banyak hal,” ucapnya.

Di sisi lain, Senior Director of Studies and Recruitment Manager EF Englsih First Surabaya, Fenty Adiwinata, dalam sambutannya menyampaikan rasa bahagianya bahwa tahun ini mahasiswa UMK dari PBI yang berkesempatan untuk mengikuti program magang di EF. Jumlah ini lebih banyak dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah dua mahasiswa.

“Untuk tahun ini, lima mahasiswa akan ditempatkan di EF Surabaya, dan satu mahasiswa di EF Sidoarjo,” urainya.

Lebih lanjut, Fenty juga menyampaikan keinginannya untuk memperluas program magang tidak hanya untuk mahasiswa PBI. Tetapi juga untuk mahasiswa UMK jurusan lain.

Sebagai informasi, Serah terima mahasiswa UMK yang magang dilaksanakan pada Sabtu (22/7/2023) di kantor EF Surabaya Jl. Pemuda No.33-37 Plaza Surabaya. Hadir pada acara tersebut, KaProdi PBI UMK beserta TIM Divisi Asistensi Mengajar, serta TIM Management EF Surabaya.

Editor: Budi Santoso

Komentar