Kamis, 29 Februari 2024

Mobil Ngangsu BBM Terbakar, Hanguskan Dua Rumah di Medini Kudus

Anggara Jiwandhana
Jumat, 18 Agustus 2023 12:47:00
Relawan tengah memadamkan kebakaran di sebuah rumah di Medini Kudus, Jumat (Murianews/BPBD)

Murianews, Kudus – Kebakaran melanda dua rumah di Gang 3 Desa Medini, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (18/8/2023). Pemicunya adalah sebuah mobil milik salah satu korban yang digunakan untuk ngangsu BBM jenis Pertalite.

Akibat kejadian tersebut, dua orang mengalami luka bakar dan satu lainnya mengalami shock. Sementara kerugian ditaksir mencapai Rp 300 juta lebih meliputi dua bangunan rumah dan satu mobil minibus.

Subkoordinator Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus Akhmad Munadji menuturkan, kejadian bermula saat pemilik mobil atas nama Sunarto hendak memindahkan bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite ke ember dengan menggunakan selang. Namun di sela-sela pemindahan, muncul percikan api.

Percikan api kemudian semakin membesar dan menyambar atap rumah milik Sunarto dan satu rumah milik tetangganya yang berhimpitan dengan bangunan milik korban.

”Kejadiannya sekitar pukul 15.00 WIB sore tadi, apinya cepat membesar karena kondisi ruangan untuk berjualan pertamini ecer tersebut pengap, jadi uap BBM sangat mudah tersulut api,” tuturnya Jumat Malam.

Api sendiri baru bisa dipadamkan pada pukul 17.30 WIB dengan pengerahan enam mobil damkar. Sementara korban dibawa ke fasilitas kesehatan untuk mendapat perawatan.

Atas kejadian ini, dia mewanti-wanti masyarakat Kudus untuk lebih berhati-hati bila berurusan dengan api. Bila tengah menyalakan api untuk keperluan apapun diharapkan bisa ditunggu dan diawasi.

Dia juga mengimbau pada masyarakat di Kabupaten Kudus untuk memastikan semua listrik dalam keadaan mati bila tak ada orang di rumah. Hal tersebut bisa mencegah terjadinya arus pendek.

Selain mengecek instalasi listrik, warga juga diharapkan turut mengecek peralatan memasak seperti kompor. Karena dari peristiwa yang sudah-sudah, banyak peristiwa kebakaran yang disebabkan karena lupa mematikan kompor masak hingga sisa bakaran api yang merembet.

 

Editor: Cholis Anwar

Komentar