Kamis, 29 Februari 2024

Bupati Kudus Rotasi Lima Pejabat Setara Kadinas

Anggara Jiwandhana
Rabu, 30 Agustus 2023 17:44:00
Pengambilan sumpah janji jabatan pejabat di lingkungan Pemkab Kudus (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo merotasi enam pejabat eselon II atau setara kepala dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah, di akhir masa jabatannya. Pengambilan sumpah dan janji jabatan dilaksanakan di Pendapa Kudus, Rabu (30/8/2023) sore.

Adapun enam pejabat eselon II tersebut ialah Agus Budi Satriyo yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten I Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Kudus dirotasi ke Sekretaris DPRD Kudus.

Jabatan yang ditinggalkan Agus, kemudian diisi oleh Adi Sadhono yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD). Sementara untuk Sekretaris DPRD sebelumnya yakni Djati Solechah bergeser ke Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD).

Selanjutnya, jabatan Inspektorat Kudus diisi oleh Eko Djumartono, kemudian jabatan Direktur RSUD Loekmono Hadi diisi oleh dr Abdul Hakam.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Kudus HM Hartopo berpesan agar para pejabat baru bisa menyesuaikan dengan tugas barunya secepat mungkin. Sehingga pelayanan terhadap masyarakat tidak terganggu.

Dia pun ikut memastikan semua proses pengisian dan rotasi jabatan telah dilaksanakan sesuai prosedur serta tidak ada yang namanya jual beli jabatan. Semuanya dilakukan atas dasar kebutuhan yang ada.

”Bahkan pengumuman ini tidak boleh menginap, karena takut nanti dimanfaatkan oknum-oknum tidak bertanggungjawab. Pokoknya setelah ada calon pasti langsung dilantik hari itu juga,” tutur Bupati Kudus.

Selain merotasi lima pejabat eselon II, pad kesempatan tersebut Hartopo juga ikut merolling sebanyak 26 pejabat setara eselon III dan IV. Selanjutnya, kemungkinan akan ada kembali rotasi dan promosi jabatan di akhir masa jabatannya di Bulan September mendatang.

”Karena ada dari permintaan dinas juga untuk mengisi sejumlah kekosongan jabatan, itu kan juga structural ya, jadi sangat-sangat penting,” tandas Bupati Kudus.


Editor: Budi Santoso

Komentar