Jumat, 23 Februari 2024

Gas Elpiji 3 Kg di Kudus Untuk Warga Kurang Mampu

Anggara Jiwandhana
Sabtu, 9 September 2023 08:35:00
Tabung gas elpiji di Kudus saat diturunkan oleh warga (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Agen Elpiji di Kudus diinstruksikan agar memprioritaskan pembelian gas elpiji 3 kg berssubsidi untuk warga kurang mampu. Hal ini dilakukan Pemkab Kudus, Jawa Tengah, melalui Dinas Perdagangan, melalui surat edaran.

Selain itu, baik agen maupun pangkalan juga diminta untuk tidak menjual gas elpiji di atas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan. Sehingga masyarakat kurang mampu tetap bisa menjangkau komoditas bersubsidi itu.

Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Minan Muchammad mengungkapkan, pangkalan harus melaksanakan surat edaran tersebut. Sehingga Elpiji 3 kg tepat sasaran.


”Pangkalan harus memprioritaskan konsumen rumah tangga, utamanya dari keluarga tidak mampu sesuai tulisan yang tertera di tabungnya yakni hanya untuk masyarakat miskin, serta juga tidak boleh menjual di atas HET,” katanya Sabtu (9/9/2023).

Saat ini sendiri, sambung dia, suplai elpiji 3 kg kilogram di masyarakat masih lancar. Dinas juga belum menemukan adanya kelangkaan di lapangan.

”Saat ini masih aman dan belum ada kelangkaan,” ungkapnya.

Alokasi elpiji 3 kg yang diterima Kabupaten Kudus selama 2023 adalah sebesar 9,34 juta tabung. Sementara penyaluran setiap bulannya sesuai kuota adalah sebanyak 778.027 tabung.

Apabila alokasi tersebut belum cukup atau terjadi lonjakan permintaan, maka akan diambilkan dari kuota cadangan. Jumlah kuota cadagangan masih sebanyak 623.667 tabung.

”Sehingga masyarakat di Kabupaten Kudus tidak perlu khawatir dengan ketersediaan elpiji bersubsidi karena ada pula alternatif elpiji nonsubsidi ukuran tabung 12 kg dan 5,5 kilo,” tandasnya.

Editor: Budi Santoso

 

Komentar