Kamis, 29 Februari 2024

Masih Tiga Hari Menjabat, Hartopo Klaim Programnya Tercapai Semua

Anggara Jiwandhana
Rabu, 20 September 2023 09:32:00
Bupati Kudus HM Hartopo saat mengecek kondisi salah satu rumah warga Kudus yang mengalami kebakaran (Murianews/Diskominfo)

Murianews, Kudus – Bupati Kudus HM Hartopo mengklaim jika semua program kerja dan program kampanyenya telah berjalan secara keseluruhan alias tercapai semua. Meski begitu, dia menyadari jika semua programnya belum berjalan secara maksimal.

Hal tersebut dikarenakan minimnya anggaran daerah untuk menjalankan program kerjanya dengan maksimal. Selain itu, pandemi yang melanda Indonesia beberapa waktu lalu juga menjadi alasan mengapa banyak programnya berjalan separuh-separuh.

”Kalau berjalan semuanya saya rasa sudah, Cuma ya kurang maksimal,” katanya Rabu (20/9/2023).

Hartopo pun memastikan program kampanyenya akan berjalan penuh di tahun anggaran 2024. Program tersebut di antaranya tunjangan kesejahteraan guru swasta, tunjangan pemuka agama dan bantuan penunggu rumah sakit.

Hartopo menjamin bantuan-bantuan tersebut tidak akan dikurangi jumlahnya dan akan berjalan selama satu tahun penuh.

”Akan berjalan lagi, tidak akan kita kurangi. Baik marbot, bantuan rumah sakit, tunjangan guru, 12 bulan,” tuturnya.

Bupati Kudus HM Hartopo masih memiliki sejumlah pekerjaan rumah yang belum diselesaikan sebelum masa jabatannya rampung di akhir pekan ini. Namun yang paling mendesak adalah penanganan dan perbaikan jalan rusak serta lampu penerangan jalan umum (LPJU).

Hartopo pun tidak memungkiri jika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus kekurangan dana untuk segera membereskan dua permasalahan ini. Pemkab, hanya bisa mengandalkan anggaran perawatan yakni sebesar Rp 8 miliar untuk perbaikan jalan.

Sementara untuk penanganan LPJU, saat ini Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis tengah melakukan pengadaan walau belum maksimal.

Namun kabar baiknya, Pemkab Kudus bersama DPRD Kabupaten Kudus, sepakat untuk memprioritaskan perbaikan infrastruktur di anggaran perubahan 2023 ini.

Adapun perbaikan nantinya akan meliputi perbaikan jalan berlubang di seluruh wilayah Kudus dan juga pembenahan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang saat ini banyak rusak.

 

Editor: Cholis Anwar

Komentar