Jumat, 23 Februari 2024

Pj Bupati Kudus Bergas Dikenal Tegas dan Mengayomi Anak Buah

Anggara Jiwandhana
Minggu, 24 September 2023 14:19:00
Bergas Catursasi Penanggungan (Twitter/@bpbdjateng)

Murianews, Kudus – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Tengah Bergas Catursasi Penanggungan resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kudus hingga tahun 2024 mendatang, Minggu (24/9/2023).

Bergas pun dikenal sebagai sosok yang tegas namun sangat mengayomi anak buahnya. Hal tersebut diutarakan oleh Johan, salah satu relawan BPBD Kabupaten Kudus.

Dia sendiri, telah bekerja di bawah komando Bergas sejak tahun 2015 silam. Bergas, saat itu menjabat sebagai Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus.

Pada Murianews.com, Johan mengungkapkan, Bergas adalah pihak yang paling pertama maju ketika anak buahnya melakukan kesalahan. Baik yang disengaja maupun tidak. Dia, bertanggungjawab atas semua pekerjaan para relawan yang telah mendapatkan instruksi darinya.

”Pak Bergas itu sangat tegas ketika memberi instruksi, A ya harus A. Namun ketika misalkan ada permasalahan di lapangan, beliau yang paling pertama maju. Istilahnya, kalau di bahasa Jawa itu ndodo alias pasang badan,” katanya.

Selain itu, sambung dia, Bergas juga punya jiwa sosial yang sangat tinggi. Saat masa kepemimpinannya, relawan disebutnya sangat menyenangkan.

”Pak Bergas punya cara sendiri dalam memperlakukan kami para relawan, beliau punya jiwa sosial yang tinggi. Seorang leader yang tegas tapi ngayomi sekali,” tuturnya.

Nama Bergas memang tidak asing bagi kalangan Pemkab Kudus. Dia punya track record menjabat sebagai kepala dinas di beberapa instansi. Paling lama, dia menjabat sebagai Kalahar BPBD Kudus yakni kurang lebih selama enam tahun.

Kemudian pada bulan Juli 2020 lalu, Bergas dirotasi menjadi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus. Saat itu, Bergas berjuang untuk menjaga eksistensi wisata di Kudus di tengah hantaman pandemi Covid-19.

Selanjutnya pada Bulan September 2021, Bergas dipromosikan sebagai Kepala Bapelitbangda Kabupaten Kudus sebelum akhirnya dilantik menjadi Kepala BPBD Provinsi Jawa Tengah di awal tahun 2022 kemarin.

Kini, Bergas akan mengemban jabatan sebagai Pj Bupati Kudus hingga 2024 mendatang. Dia diberi sejumlah tugas seperti pengentasan stunting dan kemiskinan hingga menjaga kondusifitas di Kabupaten Kudus jelang Pemilu 2024.

Editor: Dani Agus

Komentar