Kamis, 29 Februari 2024

Semarak Kirab  Golok-Golok Mentok di Desa Demaan Kudus

Anggara Jiwandhana
Kamis, 28 September 2023 17:27:00
Kirab golok-golok mentok Desa Demaan Kudus (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Kirab golok-golok mentok digelar pengurus Masjid Al-Mubarok  di Desa Demaan, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng))9, pada Minggu (28/9/2023). Acara yang diikuti oleh ratusan warga desa tersebut pun berlangsung semarak dan meriah.

Pada posisi depan kirab, dua golok-golok mentok ditandu oleh pemuda desa. Kemudian pada baris setelahnya8 rombongan marching band melantunkan iramanya dan memeriahkan barisan.

Selanjutnya pada barisan terakhir, terlihat para ibu-ibu dan anaknya berbaur membawa sajian golok-golok mentok yang dihias sedemikian meriahnya untuk menyambut kegiatan yang bertujuan nguri-uri budaya di Desa Demaan tersebut.

Panitia kegiatan Kirab  golok-golok mentok H Handoko menuturkan, tahun ini merupakan tahun kedua kirab golok-golok mentok digelar di Desa Demaan.

Untuk rute kirab, Handoko menyebutkan rombongan memutar dari Jalan Pangeran Puger menuju Jalan Sunan Kudus. Selanjutnya rombongan menuju Alun-alun Simpang Tujuh Kudus berbelok ke Jalan Habib Jafar, kemudian menuju ke Jalan Veteran dan kembali lagi ke Pangeran Puger.

”Ini adalah kirab yang bertujuan untuk nguri-nguri budaya dan ini tahun kedua pelaksanaannya, setelah tahun kemarin juga digelar,” katanya di sela kegiatan.

Usai dikirab, golok-golok mentok yang dibawa para ibu-ibu dan anak tersebut kemudian didoakan bersama. Selanjutnya, golok-golok mentok akan dibagikan kepada warga setempat.

”Jadi setelah dikirab, akan langsung dikumpulkan dan didoakan lalu dibagikan kepada warga lagi,” tambahnya.

Selain menggelar kirab golok-golok mentok, panitia kegiatan juga menyelenggarakan maulud subuh, peresmian gedung baru Masjid Al Mubarok di pagi harinya. Kemudian dilanjutkan lomba menggambar tingkat TK.

”Untuk penutupnya nanti adalah maulud akbar yang juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW,” tandasnya.

 

Editor: Cholis Anwar

Komentar