Jumat, 23 Februari 2024

Masuk 10 Besar Desa Wisata Terbaik Jateng, Ini Kata Kades Japan

Anggara Jiwandhana
Rabu, 4 Oktober 2023 15:42:00
Wisata wiwit kopi di Desa Japan Kudus (Murianews/Desa Wisata Japan)

Murianews, Kudus – Desa Wisata Japan di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berhasil masuk dalam 10 besar destinasi wisata terbaik di Jawa Tengah (Jateng). Capaian tersebut sangat membanggakan mengingat Desa Japan baru ditetapkan sebagai desa wisata pada 2021 lalu.

Kepala Desa Japan Sigit Tri Harso mengatakan, masuknya Desa Wisata Japan dalam sepuluh besar tersebut ditentukan dalam kegiatan Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2023. Di mana penilaiannya meliputi sejumlah aspek.

Aspek itu mulai dari pengelolaan desa wisata, atraksi seni budaya dan ekarifan lokal, souvenir, digital dan konten kreatif serta ketersediaan homestay dan toilet bersih yang standar.

Meski begitu, Sigit mengakui masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk menyempurnakan destinasi di Japan.

”Perbaikan tentu harus dilakukan agar Desa Wisata Japan bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang selalu menarik wisatawan dalam berkunjung,” ucapnya, Rabu (4/10/2023).

Pemerintah desa sendiri, tutur dia, akan terus menggali potensi wisata yang dimiliki. Mulai dari wisata alamnya yang memamng memiliki daya tarik tersediri. Hingga potensi lain seperti kuliner.

”Kami berharap dengan terus dilakukan pembenahan, Desa Japan menajdi salah satu destinasi yang bakal terus dikunjungi banyak wisatawan,” terangnya.

Wisata Desa Japan yang ditawarkan saat ini cukup menarik, tentunya dengan menawarkan keunikan alamnya. Mulai dari edukasi Jeruk Pamelo, edukasi kopi, tari tradisional, susur Rejenu hingga membatik.

Sebelumnya, Desa wisata Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus dinobatkan masuk sepuluh besar dalam penganugerahan ‘Gelar Desa Wisata Jawa Tengah tahun 2023. Ada 31 Desa Wisata Jawa Tengah yang ikut penilaian ini dan diumumkan pada pertengahan bulan September 2023.

Dalam ajang yang bertemakan ’Gotong Royong, Guyub Rukun, Hamakaryo’ ini penilaian dilakukan melalui video secara online, dan verifikasi langsung yang dilakukan di lokasi desa wisata.

Di Desa Wisata Japan sendiri menyuguhkan cukup banyak potensi wisata. Mulai dari air terjun kedung gender, mata air tiga rasa rejenu, ziarah ke makam penyebar islam Syekh Hasan Sadzali, edukasi agrowisata khas lereng gunung muria, dan berbagai macam potensi lain.

 

Editor: Supriyadi

 

Komentar