Jumat, 23 Februari 2024

Desa Japan Kudus Segera Punya Branding Baru, Namanya Negeri Kopi

Anggara Jiwandhana
Rabu, 4 Oktober 2023 15:59:00
Wisata wiwit kopi di Desa Japan Kudus (Murianews/Istimewa)

Murianews, Kudus – Desa Wisata Japan di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bersiap membranding desanya dengan julukan Negeri Kopi. Branding ini akan dibedah kegiatan pameran dan talkshow.

Acara tersebut bekerjasama dengan Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) dan Angkah Pandawa Indonesia yang rencananya akan dilaksanakan dilaksanakan pada Jumat – Minggu 6 – 8 Oktober 2023 di Loemento’ Cafe and Resto.

Kegiatan ini dinamai Pameran Palana Japan dan Workshop Desa Wisata. Selain pameran dan workshop, juga akan dilaksanakan photo contest dengan tema ‘Merekam Ingatan Japan’.

”Kegiatan pameran dan workshop memang kita lakukan di daerah kota, tidak di Desa Japan, tujuannya tak lain untuk menjadi media sosialisasi, sehingga mereka yang datang makin mengetahui potensi yang dimiliki Desa Wisata Japan,” kata Ketua Pengelola Desa Wisata Japan Mutohhar Selasa (4/10/2023).

Dia menambahkan, kegiatan ini memang merupakan salah satu langkah Desa Japan untuk terus mengenalkan destinasi wisatanya kepada khalayak luas.

”Berbagai inovasi akan kami lakukan, termasuk secara internal pengelola desa wisata, karena pengelola juga harus terus mengpgrade diri agar bisa mengelola desa wisata makin baik,” tuturnya.

Desa Wisata Japan di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, berhasil masuk dalam 10 besar destinasi wisata terbaik di Jawa Tengah. Capaian tersebut sangat membanggakan mengingat Desa Japan baru ditetapkan sebagai desa wisata pada 2021 lalu.

Masuknya Desa Wisata Japan dalam sepuluh besar tersebut ditentukan dalam kegiatan Gelar Desa Wisata Jawa Tengah 2023. Di mana penilaiannya meliputi sejumlah aspek. Mulai dari pengelolaan desa wisata, atraksi seni budaya dan ekarifan lokal, souvenir, digital dan konten kreatif dan ketersediaan homestay dan toilet bersih yang standar.

Kepala Desa Japan Sigit Tri Harso mengatakan, masuknya Desa Japan dalam 10 desa wisata terbaik di Jawa Tengah pada 2023 tentu sangat membanggakan. Meski begitu, masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan untuk menyempurnakan destinasi di Japan.

 

Editor: Supriyadi

Komentar