Jumat, 1 Maret 2024

Bergas Koordinasi dengan BBWS untuk Tangani Banjir Jati Wetan

Anggara Jiwandhana
Rabu, 25 Oktober 2023 13:42:00
Pj Bupati Kudus Bergas Catursasi Penanggungan (Murianews/Yuda Auliya Rahman)

Murianews, Kudus – Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng) segera berkoordinasi dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana untuk penanganan banjir di Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati. Pemkab, akan memprioritaskan penanganan banjir di wilayah itu sebelum masuk musim penghujan.

Penjabat (Pj) Bupati Kudus Bergas Catursasi Penanggungan mengungkapkan, pihak BBWS memang dijadwalkan berkunjung ke Kudus Kamis (26/10/2023) besok.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya akan meminta kepastian terkait pembaruan rumah pompa hingga pembuatan kolam retensi dan normalisasi Sungai Wulan.

”BBWS akan berkunjung kemarin, kami tentu akan berkoordinasi soal normalisasi, rumah pompa dan juga sederet penanganan-penanganannya, kami prioritaskan penanganan banjir di Jati Wetan,” ucapnya Rabu (25/10/2023).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus Arief Budi Siswanto menambahkan, pihak BBWS memang akan datang ke Kudus dan membahas pelaksanaan pembangunan rumah pompa dan kolam retensi.

Semua pekerjaan akan ditangani mereka. Sementara Pemkab Kudus nantinya hanya sebagai fasilitator atau penyambung antara pihak BBWS dengan masyarakat setempat.

Mengingat dalam pengerjaannya nanti akan ada pembebasan lahan untuk pembangunan kolam.

”Besok memang direncanakan ke Kudus untuk membahas kontrak pelaksanaan pembangunan rumah pompa beserta pompanya yang baru,” pungkasnya.

 

Editor: Cholis Anwar

Komentar