Jumat, 1 Maret 2024

Pembebasan Lahan Kolam Retensi Tanggulangin Ditanggung Pusat

Anggara Jiwandhana
Rabu, 25 Oktober 2023 13:49:00
Rumah Pompa Tanggulangin Kudus. (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, Jawa Tengah (Jateng), mendapat angin segar soal pembebasan lahan bakal pembangunan kolam retensi tanggulangin di Desa Jati Wetan. Di mana keseluruhan biayanya akan ditanggung oleh pemerintah pusat melalui BBWS Pemali Juana.

Sementara Pemkab Kudus, nantinya hanya diminta untuk memfasilitasi pertemuan antara warga setempat dengan pihak BBWS.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus Arif Budi Siswanto, Rabu (25/10/2023).

Pihak Pemkab, sambung Arif, sebelumnya memang diminta untuk menyediakan lahan lima hektare untuk kolam retensinya.  Namun karena terbatasnya anggaran, Pemkab tidak bisa menyanggupi.

Pemkab kemudian mengirimkan surat kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait ketidaksanggupannya menyediakan pembebasan lahan untuk kolam retensi Rumah Pompa Tanggulangin itu.

Anggaran pembebasan lahan tersebut, dinilai terlalu membebankan anggaran daerah. Sehingga kemudian Pemkab meminta bantuan pihak kementerian untuk sekalian dilakukan pembebasan lahan.

”Dan akhirnya pembebasan  lahan akan diambil alih oleh BBWS, Pemda nantinya hanya akan jadi fasilitator untuk pembebasan lahan,” katanya.

Pembebasan lahan untuk kolam retensi sendiri berhubungan dengan pembangunan bakal rumah pompa beserta peningkatan kapasitas pompa yang baru.

Baik kolam retensi maupun penambahan kapasitas rumah pompa sendiri akan dilakukan di sekitar Dukuh Tanggulangin dan Gendok di Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

 

Editor: Cholis Anwar

Komentar