Jumat, 1 Maret 2024

Mahasiswa Kudus Diingatkan Peran Penting di Masa Bonus Demografi

Anggara Jiwandhana
Sabtu, 11 November 2023 14:48:00
Seminar Kepemudaan Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama HMI UMK Kudus, di Gedung Pabrik Mubarok, Sabtu (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews,  Kudus – Para mahasiswa di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, diingatkan akan peran penting mereka dalam memasuki masa bonus demografi di Indonesia. Mereka, akan menjadi salah satu kunci keberhasilan fenomena tersebut, sehingga perlu disiapkan dengan matang.

Bonus demografi sendiri merupakan suatu keadaan yang akan dialami Indonesia tahun 2030 mendatang. Di mana pada masa itu, jumlah penduduk produktif akan lebih banyak dari penduduk nonproduktif. Kelompok remaja menjadi yang paling banyak.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Lestari Moerdijat yang diwakilkan oleh tenaga ahlinya Prio Hananto dalam kegiatan Seminar Kepemudaan Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama HMI UMK Kudus, di Gedung Pabrik Mubarok, Sabtu (11/11/2023).

”Fenomena ini terjadi butuh waktu yang lama, sehingga para remaja yang merupakan sebuah keuntungan bagi negara ini harus disiapkan dengan matang,” ucapnya.

Oleh karena itulah, sambung dia, dari pemerintah ingin memonitoring perkembangan para remaja khususnya mahasiswa di era saat ini. Apalagi, perkembangan teknologi menjadi sebuah pisau dengan dua sisi.

Jangan sampai, generasi yang digadang-gadang menjadi generasi emas tersebut, bukannya menguasai tapi malah dikuasai oleh teknologi. Sehingga hal yang diharapkan yakni kemajuan negara karena efek bonus demografi gagal terwujud.

”Ibu Lestari konsen dalam hal ini, beliau ingin memastikannya. Hari ini kami berikan beberapa materi untuk teman-teman mahasiswa agar mereka punya pandangan dan kemudian bisa mengaplikasikannya di kehidupan. Ini sangat berperan untuk pembangunan bangsa dan negara,” ungkapnya.

Nayala Intan, salah satu peserta dari Universitas Muria Kudus mengaku senang bisa mengikuti kegiatan seminar ini. Dia menyadari betul bagaimana peran seorang mahasiswa sebagai agen perubahan yang juga diharapkan sebagai agen generasi penerus bangsa.

”Kegiatan seperti ini sangat bagus, kami tahu kami harus menyiapkan diri supaya bisa menjadi agen perubahan,” jelasnya.

Editor: Supriyadi

 

Komentar