Jumat, 1 Maret 2024

Pancaroba, BPBD Kudus Waspadai Lima Potensi Bencana Ini

Anggara Jiwandhana
Senin, 13 November 2023 14:29:00
Warga membersihkan sampah yang mampet di tiang jembatan tiga sungai piji saat banjir beberapa waktu lalu (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mulai ancang-ancang mewaspadai lima potensi bencana di masa transisi cuaca alias pancaroba ini. Mulai dari badai petir, puting beliung, angina kencang, banjir, dan tanah longsor.

”Tidak hanya kami, masyarakat juga harus mulai waspada dan bersiap untuk memasuki masa cuaca ekstrem ini, arah angin saat ini bertiup sangat bervariasi sehingga cuaca yang berubah-ubah bisa saja seketika terjadi,” kata Kepala BPBD Kudus Mundir, Senin (13/11/2023).

Mundir mengatakan, saat ini yang paling harus diwaspadai adalah terjadinya hujan lebat dengan durasi yang singkat. Bisa juga disertai dengan badai petir dan angin kencang hingga berpotensi merobohkan bangunan dan pohon.

”Ketika sedang di luar rumah segera berlindung di tempat yang aman, karena biasanya terjadi secara tiba-tiba,” ungkapnya.

Pihak BPBD Kudus sendiri kini mulai melakukan pemetaan wilayah rawan bencana di Kudus. Untuk kemudian bisa dilakukan pencegahan.

Pemerintah Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, juga telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk penanggulangan bencana di akhir tahun 2023 ini.

Dana itu telah disiapkan di pos Dana Tidak Terduga (TT) Pemkab Kudus tahun 2023 ini. Ketika nanti terjadi bencana akhir tahun, maka anggaran tersebut bisa disiapkan.

Sepanjang memang digunakan untuk penanggulangan bencana, anggaran itu bisa digunakan untuk keperluan kebencanaan apapun. Terutama hal yang berkaitan dengan logistik ataupun kebutuhan mendesak lain.

Editor: Supriyadi

Komentar