Jumat, 23 Februari 2024

Satu Parpol di Kudus Belum Setorkan Rekening Kampanye

Anggara Jiwandhana
Sabtu, 18 November 2023 09:09:00
Kantor KPU Kudus (Murianews/Anggara Jiwandhana)

Murianews, Kudus – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mencatat masih ada satu partai politik yang belum menyetorkan rekening khusus dana kampanye (RKDK) ke KPU. Partai tersebut adalah Partai Gelora. Sementara ke-17 partai lainnya, sudah menyetorkan.

Komisioner KPU Kudus Ahmad Kholil mengungkapkan, rekening kampanye selambat-lambatnya harus disetorkan satu hari sebelum masa kampanye dimulai.

Semua parpol, memang diwajibkan untuk menyetorkan rekening tersebut sebagai salah satu syarat untuk pelaksanaan kampanye.

”Bahkan jika tidak menyetor, mereka terancam tidak bisa mengikuti tahapan kampanye,” katanya, Sabtu (18/11/2023).

Dalam rekening kampanye tersebut, sambung Ahmad, KPU akan bisa memonitoring berapa aliran dana kampanye yang masuk ke sebuah partai politik. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari dana pemilu yang tidak wajar.

”Nanti ada juga sumbernya dari mana dan kegunaannya untuk apa saja, sehingga ketika mereka kampanye kami masih bisa mengawasi dananya. Ini adalah salah satu bentuk keterbukaan kampanye,” tuturnya.

KPU Kudus menetapkan ada sebanyak 544 calon legislatif (caleg) yang akan yang akan bertarung di kontestasi pemilihan legislatif (Pileg) DPRD Kudus tahun 2024.

Itu tertuang di surat KPU Kudus Nomor: 1102/Pl.01.4-Pu/3319/2/2023 /Pl.01.4-Pu/05/2023 Tentang Daftar Calon Tetap Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kudus Dalam Pemilihan Umum Tahun 2024.

Dari jumlah tersebut, 342 orang di antaranya merupakan caleg laki-laki. Sementara 204 lainnya merupakan caleg perempuan. Partai-partai besar pun mendominasi dengan mendapatkan jumlah caleg yang maksimal atau 45 orang.

Editor: Dani Agus

 

Komentar