Jumat, 23 Februari 2024

Wonosoco Kudus Dihantam Banjir Bandang, 41 Rumah Terdampak

Anggara Jiwandhana
Sabtu, 25 November 2023 07:48:00
Warga dan para relawan membersihkan sisa lumpur yang terbawa oleh banjir bandang di Desa Wonosoco, Kudus (Murianews/Dok. BPBD Kudus)

Murianews, Kudus – Banjir bandang menerjang Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), pada Jumat (25/11/2023) malam. Akibatnya, ada 41 rumah milik warga yang terdampak.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun, lumpur dan bebatuan bekas banjir bandang membuat warga bekerja ekstra membersihkannya.

Subkoordinator Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Ahmad Munaji menuturkan, peristiwa banjir bandang tersebut terjadi setelah hujan deras melanda Pegunungan Kendeng, sekitar pukul 18.00 hingga 19.00 WIB.

Karena gundulnya pegunungan tersebut, air langsung turun dari perbukitan. Sungai yang ada di seputaran desa tersebut pun tidak mampu menahan arus air.

”Akhirnya limpas, kondisinya juga di jembatan itu ada endapan lumpur. Ya sudah air langsung lari ke pemukiman,” katanya Sabtu (25/11/2023).

Banjir sendiri, sambung Munadji sempat menggenangi area pemukiman dengan ketinggian hingga 40 sentimeter.

”Kondisi saat ini sudah aman kembali, semalam dilakukan pembersihan oleh relawan dan juga warga setempat, hari ini juga akan diteruskan lagi kerja baktinya,” pungkasnya.

Editor: Cholis Anwar

Komentar