Senin, 4 Maret 2024

Enam Gedung SIHT Kudus Dibangun 2024, Rp 16 Miliar Disiapkan

Anggara Jiwandhana
Rabu, 29 November 2023 08:47:00
Progres pengurukan di SIHT Kudus (Murianews/Istimewa)

Murianews, Kudus – Pemkab Kudus berencana membangun 15 gedung di Sentra Industri Hasil Tembakau (SIHT) Klaling, Jekulo Kudus. Namun, hanya enam gedung yang bisa dibangun 2024 ini.

Itu diungkapkan Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (Disnaker Perinkop UKM) Rini Kartika Hadi Ahmawati, Rabu (29/11/2023).

”Di awal kami ingin membangun langsung sebanyak 15 gedung, Cuma karena ada prioritas anggaran jadi dibangun enam gedung terlebih dahulu,” kata Rini.

Ia menjelaskan, enam gedung yang bakal dibangun tersebut telah dianggarkan sebesar Rp 16 miliar. Anggaran itu juga termasuk pembuatan hanggar Bea Cukai, mushola, dan perlengkapan penunjang lain.

Rini mengungkapkan, saat ini tahap pembangunan baru pengurugan tanah. Hingga November ini, progresnya sudah 50 persen lebih dari yang ditargetkan sebelumnya, 40 persen.

Progres SIHT bisa cepat karena sudah tidak ada kendala pada proses-prosesnya. Sehingga dimungkinkan, pengerjaan SIHT tahap pertama akan selesai lebih cepat di pertengahan Desember mendatang.

”Kalau di tahap pertama ini kan meliputi pengurugan tanah, kemudian membuat drainase dan pagar keliling ya. Ini  nanti semoga saja bisa lebih cepat. Jika dilihat progres sampai saat ini sih kami yakin bisa selesai awal atau setidaknya tepat waktu,” tambahnya.

Rini menambahkan, pihaknya akan terus melakukan monitoring pada progress ini. Sehingga dari segi kualitas pengerjaan tidak asal-asalan.

”Tetap kami pantau dan tetap kami monitoring sewaktu-waktu, karena ini kan juga untuk masyarakat nanti, jadi harus dijamin baik,” pungkasnya.

Adapun luasan SIHT Pemkab Kudus adalah seluas 3,6 hektare. Pihak dinas saat ini membangun sejumlah komponen pendukung SIHT. Seperti pagar keliling, pembangunan talud, hingga drainase. Dengan total anggaran mencapai Rp 21 miliar.

Editor: Zulkifli Fahmi

Komentar