Rabu, 21 Februari 2024

Banjir Demak Sebabkan Beberapa Harga Kebutuhan di Jepara Naik

Budi Santoso
Senin, 12 Februari 2024 18:05:00
Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta didampingi Sekda Jepara Edy Sujatmiko dan Wakapolres Jepara Kompol Indra Jaya Syafputra dalam sebuah acara.(Murianews/Budi Santoso)

Murianews, KudusBanjir Demak ternyata membuat beberapa harga kebutuhan di Jepara naik. Hal ini disampaikan oleh Pj Bupati Jepara, Edy Supriyanta disela-sela menghadiri Tasyakuran HPN yang digelar PWI Kabupaten Jepara, Senin (12/2/2024).

Menurut Edy Supriyanta banjir Demak, bagaimanapun telah menganggu transportasi dan itu berarti juga berdampak pada masalah distribusi. Sehingga dari kejadian itu, ada kenaikan sejumlah kebutuhan pokok di wilayah Jepara.

”Meski demikian kenaikan harga itu tidak terlalu tinggi. Kami sudah memantau langsung, ada kenaikan harga beras, minyak, cabai dan beberapa lainnya,” ujar Edy Supriyanta.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Jepara akan melakukan antisipasi agar kenaikan harga tidak terus terjadi. Upaya yang akan dilakukan adalah dengan melakukan operasi pasar dengan menggelar pasar murah.

Sementara itu, Sekda Jepara Edy Sujatmiko dalam kesempatan yang sama menyebut fenomena ini masih dalam batas wajar. Kenaikan harga terjadi karena memang ada momentum yang kadang memang bisa dimanfaatkan distributor.

Sebelum ini, momen Tahun Baru Imlek juga sudah memberi dampak pada sejumlah harga kebutuhan pokok. Sekarang ditambah adanya banjir Demak, kenaikan harga itu menjadi perlu diantisipasi.

”Saya kira ini hanya karena masalah distribusi saja ya. Sehingga beberapa harga kebutuhan masyarakat naik. Tapi sejauh ini kenaikannya masih dalam batas wajar,” terang Edy Sujatmiko.

Sayangnya dalam kesempatan ini, baik Edy Supriyanta maupun Edy Sujatmiko tidak merinci kenaikan harga yang terjadi. Mereka hanya menyebut ada sejumlah barang kebutuhan yang harganya naik di sejumlah pasar di Jepara.

Sejak banjir Demak terjadi, jalur pantura memang mengalami masalah. Arus lalulintas juga diarahkan melalui Jepara sebelum diarahkan ke Kudus. Situasi ini menimbulkan sedikit dampak bagi jalur distribusi barang kebutuhan ke Jepara.

Komentar