Jumat, 23 Februari 2024

Generasi Milenial Bakal Punya Rumah di IKN Nusantara

Cholis Anwar
Sabtu, 26 Agustus 2023 07:39:00
Desain Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara (Dok Kementerian PUPR)

Murianews, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengambil langkah untuk memastikan generasi milenial memiliki kesempatan untuk memiliki rumah di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto mengungkapkan, pemerintah sedang menggalakkan para investor untuk membangun perumahan di IKN dengan memberikan skema pembiayaan yang menarik.

Hal ini dilakukan untuk mengatasi kebutuhan perumahan yang masih besar di IKN, termasuk bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat umum.

”Kami tengah mempersiapkan IKN agar menjadi tempat yang menarik. Dengan ini, mereka yang kurang beruntung di Jakarta memiliki kesempatan tinggal dan berkembang di sana,” ujarnya mengutip Kompas.com, Sabtu (26/8/2023).

Saat ini, pemerintah tengah melaksanakan pembangunan hunian di IKN khususnya untuk ASN, TNI, dan Polri, namun hunian tersebut saat ini hanya digunakan sebagai rumah dinas dan tidak dapat dimiliki secara pribadi.

Dalam tahap awal, Kementerian PUPR telah merencanakan pembangunan 47 tower rumah susun di IKN dengan pendanaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Iwan Suprijanto menegaskan, pemerintah akan berupaya agar ASN generasi milenial tidak hanya tinggal di rumah dinas, tetapi juga memiliki rumah di IKN.

”Kita akan mendorong agar ASN generasi milenial tidak hanya menempati rumah dinas, melainkan juga memiliki rumah di IKN. Kita ingin investor segera membangun fasilitas ini,” jelasnya.

Namun, upaya ini tidak hanya berlaku untuk ASN saja, tetapi juga untuk generasi milenial yang bekerja di sektor swasta atau bukan ASN.

”Kami tidak hanya mempertimbangkan ASN milenial, tetapi juga generasi milenial yang bekerja di sektor swasta dan non-ASN,” tambah Iwan Suprijanto.

Komentar