Rabu, 28 Februari 2024

Pemerintah Gelontorkan Rp 723 M untuk Pengadaan Lahan di IKN

Cholis Anwar
Rabu, 30 Agustus 2023 09:54:00
Desain Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara (Dok Kementerian PUPR)

Murianews, Jakarta – Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) telah mengumumkan bahwa hingga 25 Agustus 2023, pemerintah telah mengeluarkan dana sebesar Rp 723 miliar untuk pengadaan lahan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN, Qoswara, menjelaskan bahwa dana tersebut digunakan untuk dua proyek utama di IKN.

”Untuk Ibu Kota Nusantara, sampai dengan 25 Agustus 2023, kita sudah membayar sekitar Rp 723,787 miliar,” ungkap Qoswara mengutip Kompas.com, Rabu (30/8/2023).

Qoswara menjelaskan bahwa dana tersebut telah dialokasikan untuk dua proyek, yaitu pembangunan akses jalan tol IKN dan pembangunan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

”Untuk mencapai IKN, dibutuhkan akses jalan dan dana sebesar Rp 466,183 miliar telah dialokasikan untuk pengadaan lahan Jalan Tol IKN seksi 3A. Selain itu, untuk pembebasan lahan di kawasan inti pemerintahan, telah dikeluarkan dana sebesar Rp 257,604 miliar,” tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, Jalan Tol di IKN akan menjadi penghubung antara Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, dengan Ibu Kota Nusantara, dan proyek ini tengah dipercepat.

Pembangunan jalan tol ini akan dibagi menjadi tiga seksi dan direncanakan selesai pada pertengahan tahun 2024.

Ketiga seksi jalan tol tersebut adalah Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau dengan panjang 13,4 kilometer (km), Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung dengan panjang 7,32 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang dengan panjang 6,67 km.

Rencananya, jalan tol ini akan terhubung dengan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda yang saat ini sudah beroperasi.

Sementara itu, di KIPP IKN akan dibangun beberapa infrastruktur penting seperti Istana dan Kantor Presiden, kantor Kementerian Koordinator (Kemenko), serta rumah menteri.

 

Editor: Cholis Anwar

Komentar