Rabu, 21 Februari 2024

Mentan Lepas Ekspor Mangga Gedong Gincu ke Arab Saudi

Cholis Anwar
Jumat, 22 September 2023 12:42:00
Ilustrasi Mangga (Freepik)

Murianews, Jakarta – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) meresmikan ekspor 700 kilogram mangga gedong gincu ke Arab Saudi. Selain itu pihaknya juga memberangkatkan ekspor 5.000 day old chick (DOC) ayam KUB ke Timor Leste.

Upacara pelepasan ekspor ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam memperluas pasar produk pertanian Indonesia.

Dalam pernyataannya, Mentan SYL mengungkapkan kebanggaannya atas ekspor kali ini, khususnya mangga gedong gincu yang merupakan hasil petani binaan Balai Sertifikasi dan Inspeksi Produk (BSIP) Kementerian Pertanian.

Produk tersebut telah melalui proses standarisasi tinggi dan memiliki kualitas tinggi, termasuk bebas dari lalat buah dan penyakit lainnya.

”Ekspor mangga gedong gincu dan ayam KUB ini saya lepas masing-masing ke Arab Saudi dan Timor Leste,” ujar Mentan SYL saat pelepasan ekspor mengutip Kompas.com, Jumat (22/9/2023).

Menurutnya, peran BSIP sangat penting dalam meningkatkan ekspor produk pertanian Indonesia. Beberapa komoditas hasil binaan BSIP, seperti pisang kepok tanjung, buncis, dan selada air, juga telah diekspor dengan nilai transaksi yang signifikan.

Mentan SYL menekankan pentingnya eksplorasi varietas unggul yang dimiliki Indonesia untuk produk hilirisasi dan ekspor. Indonesia memiliki berbagai varietas unggul yang perlu dieksplorasi untuk meningkatkan pendapatan petani.

Fadjri Djufri, Kepala BSIP Kementerian Pertanian menambahkan, BSIP telah meningkatkan standar komoditas pertanian Indonesia untuk memenuhi persyaratan pasar ekspor. Selain itu, BSIP juga menerima pengakuan dalam bentuk tiga Standar Nasional Indonesia (SNI) dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).

”Pada waktu yang dekat, kita akan menyelesaikan sertifikasi terhadap produk perkebunan, tanaman pangan, peternakan, hortikultura, dan sertifikasi utama kita, yaitu sertifikasi personal sebagai ukuran kekuatan sumber daya manusia yang kita miliki,” jelas Fadjri.

Komentar