Kamis, 29 Februari 2024

Geledah Rumdin Syahrul Yasin Limpo, KPK Temukan 12 Senpi

Cholis Anwar
Jumat, 29 September 2023 19:13:00
Ilustrasi Senpi. (Pixabay)

Murianews, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggeledah rumah dinas (Rumdin) Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Jalan Widya Chandra, Jakarta Selatan.

Dalam penggeledahan itu, tim KPK menemukan 12 senjata api (Senpi). Selanjutnya, 12 senpi itu diserahkan ke Polda Metro Jaya.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pihak KPK sengaja menitipkan 12 pucuk senjata itu ke kepolisian.

”Dari Dirintel Polda Metro Jaya bilang diterima itu (senjata api), sifatnya titipan,” ungkap Trunoyudo mengutip Kompas.com, Jumat (29/9/2023).

Dalam hal ini, Polda Metro Jaya juga akan melakukan pendalaman lebih lanjut terkait kepemilihan senpi tersebut. Pendalaman dilakukan bersama dengan Baintelkam Mabes Polri.

”Kami perlu pendalaman dari Direktorat Intelkam, yang akan berkoordinasi dengan Baintelkam Mabes Polri,” terangnya.

Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri mengatakan, tim penyidik telah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya terkait senjata itu.

”Tadi bertanya apakah betul ada senpi? Kami ingin menjelaskan bahwa kami sudah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Daerah DKI Jakarta,” ujar Ali.

Meski demikian, Ali enggan membeberkan lebih lanjut berapa jumlah senpi yang ditemukan di rumah Syahrul, termasuk legalitas kepemilikan senjata itu.

Menurut Ali, KPK hanya menganalisis sejumlah barang atau benda yang diduga terkait dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian.

”Nanti, berapa jumlahnya, apakah ada intinya dan lain-lain tentu itu di luar kewenangan dari KPK,” tutur Ali.

Komentar