Kamis, 29 Februari 2024

Jokowi Resmikan Bandara Mentawai, Bandara Terluar Tanah Air  

Cholis Anwar
Rabu, 25 Oktober 2023 15:16:00
Jokowi meresmikan Bandara Mentawai (Tangkapan Layar)

Murianews, Mentawai – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Udara Mentawai, sebuah fasilitas transportasi yang berlokasi di salah satu pulau terluar Indonesia. Jokowi berharap, pembukaan bandara ini akan meningkatkan daya tarik pariwisata di daerah tersebut, terutama bagi para penggemar selancar ombak.

Alhamdulillah hari ini kita segera meresmikan pengoperasian Bandara Mentawai, merupakan salah satu bandara terluar di tanah air,” kata Jokowi saat meresmikan Bandara Mentawai dalam video yang ditayangkan di YouTube Sekretariat Presiden pada Rabu (25/10/2023).

Jokowi menjelaskan, Bandara Mentawai menggantikan peran Bandara Rokot Sipora yang sudah ada sebelumnya dengan landasan pacu berpanjang 850 meter.

”Bandara ini akan menggantikan bandara yang sudah ada sebelumnya, yaitu Bandara Rokot Sipora yang panjang landasan pacunya hanya 850 meter dan hanya bisa didarati oleh pesawat tipe CS dengan kapasitas hanya 12 orang,” ungkap Jokowi.

Dengan hadirnya Bandara Mentawai yang memiliki landasan pacu berpanjang 1.500 meter dan lebar 30 meter, pesawat tipe ATR sudah bisa mendarat di Pulau Mentawai. Jokowi mengungkapkan harapannya agar pesawat ATR dapat lebih sering terbang ke Kepulauan Mentawai.

”Kita harapkan turis semakin banyak yang datang ke Pulau Mentawai, terutama mereka yang gemar selancar ombak. Saya sudah menyampaikan kepada Menteri Perhubungan untuk segera menyediakan pesawat ATR ke Kepulauan Mentawai. Pesawat ini dapat mengangkut 78 orang penumpang, jauh lebih banyak dibandingkan pesawat tipe CS yang hanya mampu mengangkut 12 orang. Saya juga telah mencoba pendaratan dengan pesawat yang lebih besar, dan semuanya berjalan lancar tanpa masalah,” tambahnya.

Selain potensi peningkatan pariwisata, Jokowi berharap bahwa kehadiran Bandara Mentawai juga akan mempermudah mobilitas penduduk setempat. Dalam pandangannya, aksesibilitas yang lebih baik akan membuka pintu untuk pengembangan bisnis dan usaha baru.

”Saya harap dengan beroperasinya bandara ini, mobilitas masyarakat akan semakin mudah. Potensi pariwisata di Kepulauan Mentawai juga dapat dikembangkan dengan lebih baik. Kami berharap industri selancar ombak (surfing) akan semakin berkembang, dan pesawat dari luar negeri yang terkait dengan surfing juga dapat mendarat langsung di Padang dan Mentawai,” ujar Jokowi.

Komentar