Kamis, 29 Februari 2024

Hasto Sebut Jokowi Tinggalkan PDIP

Cholis Anwar
Senin, 30 Oktober 2023 12:01:00
Hasto Kristiyanto, Sekjen PDIP. (Istimewa/PDIP)

Murianews, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP, Hasto Kristiyanto mengaku dirinya tidak menyangka jika Joko Widodo (Jokowi) tega meninggalkan PDIP. Padahal, partai tersebut telah membesarkan namanya.

Hasto menceritakan, awalnya banyak anggota PDIP, terutama dari tingkat paling bawah seperti anak ranting dan ranting, tidak percaya bahwa Jokowi benar-benar akan meninggalkan partai tersebut.

”Ketika DPP Partai bertemu dengan jajaran anak ranting dan ranting sebagai struktur Partai paling bawah, banyak yang tidak percaya bahwa ini bisa terjadi,” kata Hasto mengutip Kompas.com, Senin (30/10/2023).

Sejak awal karir politiknya sebagai Wali Kota Solo hingga menjadi Presiden Republik Indonesia, Jokowi telah mendapatkan dukungan kuat dari akar rumput dan seluruh simpatisan PDIP.

Namun, dengan berjalannya waktu, keputusan Jokowi untuk merestui putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wakil presiden mendampingi Prabowo Subianto, telah membuat PDIP merasa kecewa yang mendalam.

”PDIP Perjuangan saat ini dalam suasana sedih, luka hati yang perih, dan berpasrah pada Tuhan dan Rakyat Indonesia atas apa yang terjadi saat ini. Kami begitu mencintai dan memberikan privilege yang begitu besar kepada Presiden Jokowi dan keluarga, namun kami ditinggalkan karena masih ada permintaan lain yang berpotensi melanggar pranata kebaikan dan Konstitusi,” kata Hasto.

Seluruh kader dan simpatisan PDIP, lanjut Hasto, awalnya hanya berharap bahwa isu kepergian Jokowi dari partai mereka tidak akan terwujud. Namun, kenyataannya, Jokowi telah secara resmi meninggalkan partai yang telah menjadi rumah politiknya selama ini.

Komentar