Kamis, 29 Februari 2024

Jokowi Beri Arahan Pj Kepala Daerah Menyongsong Pemilu 2024

Cholis Anwar
Senin, 30 Oktober 2023 14:18:00
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Instagram/Jokowi)

Murianews, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan penting kepada para penjabat (Pj) kepala daerah dalam menghadapi tahun politik dan Pemilihan Umum (pemilu) 2024 mendatang.

Para Pj kepala daerah ini pun dikumpulkan oleh Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Ada beberapa arahan yang diungkapkan oleh Jokowi. Pertama, Jokowi meminta para pj kepala daerah memberikan dukungan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) daerah dalam proses pelaksanaan pemilu.

”Saya minta Bapak, Ibu Gubernur, Bupati, dan Wali Kota memberikan dukungan kepada tugas KPU dan Bawaslu. Tapi tidak mengintervensi apapun,” ungkap Jokowi mengutip Kompas.com, Senin (30/10/2023).

Ia juga menekankan pentingnya segera mengalokasikan anggaran bagi kedua penyelenggara pemilu tersebut sesuai dengan yang diperlukan.

Presiden Jokowi meminta para pj kepala daerah untuk tidak memihak kepada calon-calon tertentu. Dia menekankan, mudah baginya untuk mengetahui apakah pj kepala daerah bersikap memihak atau tidak, dan mengingatkan untuk menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN).

Selanjutnya, Jokowi menekankan perlunya menjaga kerukunan di daerah selama tahun politik. Jika ada permasalahan politik yang muncul, Presiden meminta agar masalah tersebut diselesaikan dengan baik dan segera.

”Segera selesaikan kalau ada percikan-percikan yang berkaitan dengan politik. Selesaikan dengan baik,” tambahnya.

Pengarahan ini dihadiri oleh 193 pj kepala daerah, termasuk pj gubernur, pj wali kota, dan pj bupati dari berbagai daerah di Indonesia.

Hadir pula sejumlah pejabat tinggi, termasuk Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Komentar