Jumat, 1 Maret 2024

Pendaki di Gunung Rinjani Meninggal Terjepit di Gua Susu

Cholis Anwar
Kamis, 2 November 2023 14:28:00
Pendaki yang terjepit Gua susu di Gunung Rijani saat dievakuasi (Dok TNGR dari Detik.com)

Murianews, Lombok – Seorang pendaki di Gunung Rinjani, LMH (59), dilaporkan meninggal dunia setelah ditemukan terjepit di dalam Gua Susu yang ada di kawasan gunung tersebut, Selasa (31/10/2023).

Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Dedy Asriady mengatakan, Dedy Asriady mengatakan korban, ditemukan meninggal dunia akibat terjepit di dalam Gua Susu saat sedang berobat bersama beberapa rekan pendakinya.

”Kami mendapatkan informasi pada Selasa, 31 Oktober 2023, pukul 23.18 Wita bahwa ada pendaki yang meninggal di Gua Susu, jalur wisata pendakian Torean Gunung Rinjani,” kata Dedy mengutip Detik.com, Kamis (2/11/2023).

Menurut Dedy, korban melakukan pendakian bersama 11 orang pendaki yang naik ke Gunung Rinjani pada hari Senin (30/10/2023). Dalam perjalanannya, mereka mengambil jalur Senaru.

Proses evakuasi jenazah korban dilakukan oleh tujuh orang porter dan satu orang tenaga medis. Tim evakuasi berangkat pada Rabu dini hari setelah beristirahat sejenak di pos Birisan Nangka.

”Tim kemudian melanjutkan proses evakuasi pada pagi hari, pukul 06.15, menuju Gua Susu,” tambah Dedy.

Proses evakuasi menghadapi kendala karena medan yang sempit, terutama di bibir gua yang sempit. Hal ini membuat tim evakuasi meminta bantuan dari Tim SAR Lombok Timur untuk membantu mengeluarkan jenazah korban dari dalam Gua Susu.

”Pada pukul 17.05 Wita, Tim SAR Lombok Timur tiba di lokasi Gua Susu dan langsung berupaya mengeluarkan jenazah korban yang terjepit di dalam area gua,” kata Dedy.

Jenazah korban akhirnya berhasil dikeluarkan dan dibawa oleh tim evakuasi menuju jalur Pos Birisan Nangka. Pada Rabu malam, jenazah LMH tiba di Pos Birisan Nangka dan kemudian dibawa ke Puskesmas Senaru pada pagi harinya.

Komentar