Kamis, 29 Februari 2024

Jokowi Resmikan PLTS Terapung Terbesar se-Asia Tenggara

Cholis Anwar
Kamis, 9 November 2023 20:22:00
Presiden Jokowi saat meresmikan PLTS Terapung di Waduk Citara Purwakarta (Tangkapan Layar)

Murianews, Purwakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata yang terletak di Waduk Cirata, Purwakarta, Jawa Barat (Jabar), Kamis (9/11/2023).

PLTS ini merupakan yang terbesar se-Asia Tenggara dengan total kapasitas terpasang 192 megawatt peak (MWp).

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan jika hari ini merupakan hari bersejarah karena mimpi besar untuk membangun pembangkit energi baru terbarukan dalam skala besar akhirnya terlaksana.

”Kita berhasil bangun pembangkit listrik Tenaga surya terapung yang terbesar di Asia tenggara dan nomor tiga di dunia,” kata Jokowi mengutip Video Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (9/11/2023).

Lembaga think tank energi Institute for Essential Services Reform (IESR) menilai bahwa PLTS Terapung Cirata menjadi tonggak akselerasi pemanfaatan energi surya berskala besar di Indonesia.

IESR juga mendorong pemerintah dan PLN untuk memanfaatkan potensi teknis PLTS terapung di sejumlah waduk dan bendungan di Indonesia. Potensi teknis terapung di Indonesia mencapai 28,4 gigawatt (GW) dari 783 lokasi badan air.

Data Kementerian ESDM menunjukkan bahwa PLTS terapung skala besar dapat dikembangkan di 27 lokasi badan air yang memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), dengan total potensi 4,8 GW dan investasi sekitar Rp 55,15 triliun.

Pemerintah dan PLN perlu mengoptimalkan potensi PLTS terapung dengan menciptakan kerangka regulasi yang menarik minat pelaku usaha untuk berinvestasi.

Komentar