Rabu, 28 Februari 2024

Para Tokoh Nasional Suwan ke Gus Mus, Bahas Masalah Bangsa

Cholis Anwar
Minggu, 12 November 2023 16:32:00
Para tokoh nasional saat Konferensi Pers di Rumah Gus Mus (Murianews/Tangkapan Layar)

Murianews, Rembang – Sejumlah tokoh nasional berkumpul di kediaman Ahmad Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus di Kelurahan Leteh, Kebupaten Rembang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (12/11/2023).

Kehadiran mereka tidak hanya sebagai bentuk kunjungan (sowan) tetapi juga sebagai momen untuk berbagi pandangan terkait permasalahan bangsa menjelang pemilu 2024.

Salah satu tokoh yang hadir, sastrawan sekaligus jurnalis senior Goenawan Mohamad, menyatakan bahwa saat ini kepercayaan pada sesama sangat tipis karena maraknya kebohongan.

Menurutnya, kepercayaan masyarakat juga terkikis oleh fenomena di mana kesetiaan, suara, hingga kedudukan dapat dibeli.

”Situasi ketidakpercayaan antarwarga kian meningkat menjelang Pemilu, terutama setelah adanya kontroversi terkait konstitusi. Menjelang pemilu dan pilpres, menurut saya, makin mencemaskan karena aturan bersama mulai dibongkar bahkan dirusak. Terjadinya skandal di Mahkamah Konsitusi (MK) menunjukkan itu,” ujar Goenawan Mohamad.

Hadir pula dalam pertemuan tersebut mantan Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, yang jika dirinya sowan ke Gus Mus karena menganggapnya sebagai sosok yang memiliki kejernihan berpikir dan kedalaman rasa.

”Beliau menekankan kepada kita harus kembali pada nilai. Beliau mengatakan, ’saat ini kita sedang mengalami krisis nilai’,” kata Lukman Hakim.

Sementara itu, pastor Benny Susetyo menyoroti bahwa etika politik saat ini tidak dikedepankan sebagai jalan kebudayaan.

”Kalau politik jalan kebudayaan, maka politik harus juga dikembalikan pada kepatuhan, etika, dan moralitas publik,” ujar Benny.

Acara tersebut turut dihadiri oleh sejumlah tokoh lainnya, termasuk mantan wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Erry Riyana Hardjapamekas, istri almarhum Nurcholis Madjid Omie Komariah Madjid, aktivis Nong Mahmada, istri almarhum Abdurrahman Wahid Sinta Nuriyah Wahid, akademisi Riris Sarumpaet, Romo Magniz Suzeno, dan beberapa tokoh lain yang ikut berdiskusi dengan Gus Mus secara dalam jaringan.

Komentar