Jumat, 23 Februari 2024

Komisioner Bawaslu Medan Kena OTT Pemerasan Caleg

Cholis Anwar
Kamis, 16 November 2023 08:03:00
Ilustrasi Borgol. (Freepik)

Murianews, Medan – Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Medan, berinisial AH (32), terjaring dalam operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan oleh Tim Opsnal Kelompok Kerja Penindakan Saber Pungli Polda Sumatera Utara (Sumut). AH diduga terlibat dalam pemerasan terhadap calon anggota legislatif (Caleg) Kota Medan.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, AH ditangkap oleh Tim Opsnal Kelompok Kerja Penindakan Saber Pungli di sebuah hotel di Kota Medan. Operasi tersebut dipimpin oleh Ketua UPP Saber Pungli Sumut, Kombes Pol Wahyu Kuncoro.

”Mengamankan Komisioner Bawaslu Medan berinisial AH (32) selaku anggota Bawaslu Koordinator Divisi Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat serta Humas di salah satu Hotel Kota Medan,” ujar Hadi Wahyudi mengutip Kompas.com, Kamis (16/11/2023).

Selain AH, tim juga berhasil mengamankan dua pria lainnya berinisial FH (29) dan IG (25), warga Jalan Roso, Gang Puskesmas, Kecamatan Delitua.

Ketiga orang ini ditangkap saat sedang menerima uang yang diduga merupakan hasil pemerasan terhadap salah seorang caleg Kota Medan.

”Tindakan ini diduga terkait dengan pengurusan kelengkapan administrasi persyaratan menjadi anggota DPRD Kota Medan,” tambahnya.

Kasus ini terungkap berdasarkan laporan korban yang mengalami kesulitan dalam proses pengurusan kelengkapan administrasi persyaratan menjadi anggota DPRD Kota Medan.

Saat ini, kasus tersebut sedang dalam proses penyelidikan oleh Tim Saber Pungli, melibatkan Pokja Yustisi dari Kejati Sumut, Pokja Ahli, dan pokja lainnya.

Komentar