Rabu, 28 Februari 2024

Pilot Pesawat Super Tucano ditemukan Meninggal Dunia

Cholis Anwar
Jumat, 17 November 2023 06:13:00
Tangkap layar pesawat tempur diduga milik TNI AU jatuh di Pasuruan, Jawa Timur. (Murianews/Istimewa)

Murianews, Malang – Satu korban kecelakaan pesawat EMB-314 Super Tucano milik Skadron Udara 21 Lanud Abdurrachman Saleh Malang yang sebelumnya dilaporkan hilang, kini telah ditemukan. Jenazah Letkol Pnb Sandhra Gunawan, pilot pesawat Super Tucano dengan nomor ekor TT-3111, ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Kadispenau), Marsekal Pertama Agung Sasongko Jati, mengonfirmasi penemuan jenazah Letkol Pnb Sandhra Gunawan dalam konferensi pers di Gedung Cakrawala Lanud Abdurrachman Saleh, Kamis (16/11/2023).

Dengan penemuan ini, semua perwira menengah TNI AU yang ada dalam dua pesawat yang jatuh tersebut dinyatakan meninggal dunia.

”Iya, memang benar. Ternyata pada pukul 19.00 WIB, kami mendapat kabar bahwa jenazah Letkol Pnb Sandhra Gunawan telah ditemukan. Selanjutnya, jenazah akan menyusul dibawa ke Lanud Abdulrachman Saleh,” ungkap Agung Sasongko Jati mengutip Kompas.com, Jumat (17/11/2023).

Sebelumnya, tiga korban meninggal telah ditemukan, yakni Kolonel Adm Widiono, Mayor Pnb Yuda A. Seta, dan Kolonel Pnb Subhan. Jenazah Mayor Pnb Yuda A. Seta dan Kolonel Pnb Subhan sudah tiba di Lanud Abdulrachman Saleh dan disemayamkan di hanggar.

”Selanjutnya yang menyusul datang adalah jenazah Kolonel Adm Widiono Hadiwijaya dan Letkol Pnb Sandhra Gunawan,” tambahnya.

Rencananya, pada hari ini seluruh jenazah akan diberangkatkan menuju rumah duka dan dimakamkan secara militer. Acara pelepasan jenazah secara militer dijadwalkan dilaksanakan pagi hari.

Agung Sasongko Jati juga menyampaikan terima kasih kepada warga dan seluruh anggota komunitas pecinta alam yang telah membantu dalam evakuasi para korban.

”Terima kasih kepada warga dan anggota komunitas pecinta alam yang dengan sepenuh hati tanpa mengenal lelah telah membantu kami dalam mengevakuasi korban, dan membantu mengamankan lokasi kejadian,” tutupnya.

Komentar