Kamis, 29 Februari 2024

Survei LSI: Elektabilitas Prabowo Didongkrak Pemilih Milenial

Cholis Anwar
Selasa, 21 November 2023 06:53:00
Prabowo-Gibran saat mendaftar ke KPU (Tangkapan Layar)

Murianews, Jakarta – Pasangan calon presiden dan calon wakil Presiden (Capres-Cawapres) Brabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) berhasil meraih elektabilitas tertinggi di kalangan pemilih milenial.

Hal ini sesuai dengan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang dirilis pada awal November 2023. Dalam survei tersebut, elektabilitas Prabowo mencapai 41,6 persen di kalangan milenial, mengalami kenaikan signifikan dibandingkan dengan bulan Oktober 2023 yang sebesar 36,9 persen.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Al Faraby mengatakan, salah satu faktor kenaikan ini dapat diatribusikan kepada dukungan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wakil presiden.

”Elektabilitas Prabowo alami kenaikan di pemilih milenial. Kenaikan naik 4-5 persen,” ungkap Adjie mengutip CNNIndonesia.com, Selasa (21/11/2023).

Adjie menjelaskan, generasi milenial menjadi mayoritas pemilih di Indonesia, dan kehadiran Gibran sebagai satu-satunya perwakilan generasi milenial dalam pasangan capres-cawapres 2024 memberikan dampak positif bagi Prabowo.

Menurut Adjie, riset kualitatif juga menunjukkan bahwa perubahan gestur dan gaya komunikasi Prabowo, seperti aksi joget dan julukan ”gemoy,” telah menguatkan daya tariknya di kalangan milenial.

”Dari hasil riset kualitatif, Prabowo memiliki perubahan gestur dan gaya komunikasi yang disampaikan ke publik. Banyak joget, muncul julukan gemoy itu bagian dari beberapa gimik yang menguatkan Prabowo di pemilih milenial. Prabowo tumbuh menjadi capres yang paling banyak dipilih generasi milenial,” katanya.

Tak hanya di kalangan milenial, Prabowo-Gibran juga mengalami peningkatan dukungan di kawasan Jateng. Dalam survei Oktober 2023, dukungan untuk pasangan ini di Jateng sebesar 10,7 persen, namun meningkat menjadi 24,6 persen pada November 2023.

”Pasca deklarasi terjadi tren kenaikan dukungan sebesar 13,9 persen di teritori Jawa Tengah,” tambah Adjie.

Survei LSI Denny JA dilakukan antara 6-13 November 2023 terhadap 1.200 responden dengan metode multistage random sampling, dan memiliki margin of error sekitar 2,9 persen. Selain itu, hasil survei lain dari Indonesia Political Opinion dan Populi Center juga menunjukkan tingginya elektabilitas Prabowo di kalangan pemilih muda.

Komentar