Kamis, 29 Februari 2024

Jokowi Resmi Berhentikan Firli Bahuri dari Jabatan Ketua KPK

Cholis Anwar
Sabtu, 25 November 2023 01:15:00
Firli Bahuri, Ketua KPK. (Istimewa/Instagram @firlibahuriofficial)

Murianews, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi memberhentikan secara sementara Firli Bahuri dari jabatan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Firli diberhentikan karena menjadi tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Keputusan ini diumumkan oleh Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, dalam keterangan tertulis kepada wartawan pada Jumat (24/11/2023) malam.

Menurut Ari, keputusan ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 116 tanggal 24 November 2023.

”Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keppres Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri,” kata Ari mengutip Kompas.com, Sabtu (25/11/2023).

Dalam Keppres yang sama, Presiden menunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK. Penandatanganan Keppres dilakukan oleh Presiden Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, setelah kunjungan kerjanya dari Kalimantan Barat.

Ari menjelaskan, mekanisme pemberhentian sementara dan penunjukan ketua sementara sesuai dengan Undang-undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang perubahan kedua UU KPK dan Perppu Nomor 1 tahun 2015 yang telah disahkan DPR menjadi UU Nomor 10 tahun 2015 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Firli Bahuri telah menjadi tersangka dalam kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Kasus ini dimulai dengan adanya pengaduan masyarakat ke Polda Metro Jaya pada 12 Agustus 2023, yang berisi dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK terkait perkara korupsi di Kementerian Pertanian tahun 2021.

Setelah melalui serangkaian penyelidikan, polisi menaikkan status menjadi penyidikan pada 6 Oktober 2023. Hingga saat ini, sudah 91 saksi yang diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya dalam mengusut kasus ini, termasuk pertemuan antara Firli Bahuri dan Syahrul Yasin Limpo di lapangan badminton.

Komentar