Jumat, 1 Maret 2024

Jokowi Resmi Lantik Irjen Marthinus Hukom sebagai Kepala BNN

Cholis Anwar
Jumat, 8 Desember 2023 14:40:00
Jokowi saat melantik Kepala BNN Injen Pol Martinus Hukom (Tangkapan Layar)

Murianews, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Irjen Marthinus Hukom sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

Pelantikan ini dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 182/TPA Tahun 2023 tentang Pengangkatan Kepala BNN yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Kabinet.

Setelah pembacaan Keppres, Irjen Marthinus Hukom melakukan pengucapan sumpah jabatan yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

Dalam sumpah jabatan tersebut, Marthinus berjanji setia dan taat kepada UUD 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan penuh tanggung jawab.

”Demi Tuhan berjanji, bahwa saya akan menjalankan segala tugas jabatan dengan sebaik-baiknya demi darma bakti kepada bangsa dan negara. Saya akan menjaga integritas, tidak menyalahgunakan kewenangan, serta menghindarkan diri dari perbuatan tercela. Kiranya Tuhan menolong saya,” ucap Marthinus Hukom, menirukan sumpah yang diucapkan oleh Presiden Jokowi.

Marthinus Hukom, perwira tinggi Polri yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri, menggantikan pejabat sebelumnya, Petrus Golose, yang memasuki masa pensiun pada bulan Desember.

Alumni Akademi Kepolisian angkatan 1991 ini pernah tergabung dalam kelompok ahli BNN di bidang intelijen pada periode 2010-2012.

Acara pelantikan dihadiri oleh sejumlah pejabat negara, antara lain Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Petrus Golose, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Jaksa Agung ST Burhanuddin, serta beberapa hakim Mahkamah Konstitusi, seperti Saldi Isra dan Enny Nurbaningsih.

Komentar