Jumat, 1 Maret 2024

Jokowi Lantik Ridwan Mansyur sebagai Hakim MK

Cholis Anwar
Jumat, 8 Desember 2023 14:56:00
Ridwan mansyur resmi jadi Hakim Konstitusi MK (Tangkapan Layar)

Murianews, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Ridwan Mansyur sebagai hakim Mahkamah Konstitusi (MK) yang akan menggantikan Manahan Sitompul yang telah memasuki masa pensiun.

Pelantikan ini tercantum dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 98/P Tahun 2023, dan sumpah jabatan diambil oleh Jokowi di Istana Negara, Jumat (8/12/2023).

”Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban sebagai hakim konstitusi dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” ucap Ridwan Mansyur mengikuti sumpah yang diucapkan di hadapan Presiden Jokowi.

Usai pengucapan sumpah, Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada Ridwan Mansyur. Keduanya juga berfoto bersama sebagai simbolisasi dari momen pelantikan ini.

Sebelum menduduki jabatan sebagai Hakim MK, Ridwan Mansyur telah mencatatkan namanya sebagai hakim pengadil dalam kasus pembunuhan aktivis HAM Munir Said Thalib.

Ia menjadi bagian dari majelis hakim yang mengadili Pollycarpus Budihari Priyanto di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Lulusan Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya ini memulai karier sebagai hakim pada tahun 1989 dan bertugas di Pengadilan Negeri Muara Enim.

Setelah bertugas di berbagai daerah, ia kemudian menjabat sebagai Ketua Pengadilan Negeri Batam pada tahun 2008. Selanjutnya, Ridwan Mansyur menjabat sebagai Kepala Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung dari tahun 2012 hingga 2017.

Komentar