Jumat, 1 Maret 2024

Top, Batik Tulis Lasem Rembang Dipajang di Museum Batik Indonesia

Dani Agus
Selasa, 3 Oktober 2023 00:54:00
Batik tulis Lasem karya dari Maranatha Ongs di Museum Batik Indonesia. (rembangkab.go..id)

Murianews, Rembang – Museum Batik Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) diresmikan bertepatan dengan Hari Batik Nasional, Senin (2/10/2023). Peresmian dilakukan oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Makarim.

Museum Batik Indonesia ini menjadi tempat dipajangnya berbagai batik dari seluruh daerah Indonesia. Dua diantaranya ada batik tulis Lasem Rembang karya dari Maranatha Ongs.

Priscilla Renny pemilik batik tulis Lasem Maranatha Ongs mengungkapkan, ada dua lembar batik tulis produksinya yang dipajang di Museum Batik Indonesia. Yaitu motif batik motif ceremonial hanging dan motif kilin menari.

“Kalau ceremonial hanging ini bercerita tentang perayaan tahun baru imlek, arak-arakan, suka cita intinya. Untuk motif kilin menari maknanya banyak rejeki dan mendapat perlindungan,” tuturnya, dilansir dari laman Pemkab Rembang, Selasa (3/10/2023).

Renny menceritakan, Kemendikbud dan Ristek melakukan kurasi ke seluruh daerah yang memiliki produksi batik. Dan pihaknya bersyukur karena Maranatha Ongs dipercaya untuk mewakili Rembang.

“Kalau ditanya bagaimana perasaannya bersyukur, tambah semangat lagi melestarikan batik. Bangga bisa menjadi bagian dari museum yang diakui,” sambungnya.

Dia berharap batik tulis Lasem ini bisa semakin dikenal lagi. Khususnya batik tulis Lasem klasik yang masih eksis dan diminati.

Beberapa waktu lalu, Indonesia mendapat kehormatan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang berlangsung di Jakarta.

Dalam acara tersebut, belasan pemimpin negara anggota ASEAN sempat terlihat mengenakan baju batik tulis.

Para pemimpin negara-negara ASEAN itu mengenakan batik tulis Lasem dari Maranatha Ongs saat gala dinner dengan Presiden Joko Widodo di Hutan Kota Gelora Bung Karno, Jakarta.

 

Komentar