Rabu, 21 Februari 2024

Puluhan Penyedia Jasa Lukis Henna di Rembang Dibekali Pelatihan

Dani Agus
Rabu, 29 November 2023 16:15:00
Ilustrasi lukis henna. (freepik.com)

Murianews, Rembang – Puluhan penyedia jasa lukis tangan atau henna mengikuti workshop peningkatan kapasitas di hotel Pollos Rembang, Selasa (28/11/2023).

Mereka mendapatkan ilmu langsung dari Jeje Mahendy profesional Henna Art dari Pekalongan. Jeje dalam pelatihan itu memberikan penjelasan teknik dan tips lukis henna. Mulai dari pentingnya lukisan harus simetris dan penekanan saat melukis.

Jeje menyebutkan, bahwa tren henna sangat cepat berganti. Ia menyarankan peserta agar sering melihat konten tentang henna di media sosial agar tetap update tren.

“Tren henna sangat cepat berubah. Harus sering scroll instagram dan melihat referensi desain-desain di media sosial, soalnya tadi ada yang jika tidak melihat contoh tidak bisa,” ungkapnya.

Jeje berpesan kepada peserta agar terus meningkatkan skill. Dalam berkarya mengutamakan kerapian daripada bayaran.

“Karena penikmat seni lebih mengutamakan hasil, ” tandasnya.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Rembang, M.Mahfudz menjelaskan kegiatan merupakan dukungan diversifikasi UMKM, dalam hal ini bisnis henna. Terlebih potensi pasar henna masih terbuka lebar.

”Generasi milenial kita, pengantin ini sudah mulai memanfaatkan jasa henna. Setiap tahun prosesi 4000an. Hari ini kita ajak 30 orang yang memiliki keahlian henna untuk bisa menyerap ilmu, motif, corak yang lebih ngetrend,” terangnya, dilansir dari laman Pemkab Rembang, Rabu (29/11/2023).

Jika terus meningkatkan kualitas, penyedia jasa henna bisa semakin mendapat tempat di hati masyarakat. Hal ini akan berimbas pada meningkatnya pendapatan mereka.

Salah satu peserta, Evatul Umaiyah mengungkapkan telah menekuni bisnis henna sejak tahun 2013. Dia mengaku semakin banyak mempelai wanita yang menggunakan jasa henna.

”Dari materi narasumber tadi ada yang baru bagi saya. Ternyata kondisi tangan klien yang gemoy dan tirus perlu perlakuan yang berbeda. Termasuk menangani klien dengan tangan yang berkeringat,” ungkapnya.

Komentar