Rabu, 21 Februari 2024

Sampah di Rembang akan Diolah Jadi Bahan Bakar, Sarpras Disiapkan

Dani Agus
Senin, 11 Desember 2023 22:01:00
Sampah di TPA Landoh Rembang akan diubah jadi bahan bakar. (rembangkab.go.id)

Murianews, Rembang – Pengolahan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Desa Landoh, Kecamatan Sulang, Rembang, menjadi bahan bakar akan segera terwujud.

Pemerintah pusat dikabarkan akan memberikan fasilitas pengelolaan sampah dengan teknologi Refuse Derived Fuel (RDF) untuk membuat sampah jadi bahan bakar.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang juga telah menjalin kerjasama dengan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Perusahaan itu akan menjadi pihak yang menggunakan produk bahan bakar hasil olahan dari sampah yang telah diolah menggunakan teknologi RDF, sebagai pengganti batu bara.

Kepala DLH Kabupaten Rembang Ika Himawan mengatakan, selanjutnya kedua belah pihak akan membicarakan tentang hal- hal yang lebih rinci yang akan dicantumkan dalam perjanjian kerjasama. Mulai dari investasi, harga sampai mekanisme transportasinya.

Manfaat bagi masyarakat setelah teknologi RDF beroprasi, tidak ada lagi pencemaran udara dan air yang berasal dari TPA Landoh. Artinya persoalan sampah selama ini bisa selesai.

”Teknologi RDF ini dari kementerian, kita pemkab mendampingi. Kita pembelian sarana prasarana. Seperti 8 unit truk amrol dan 8 dump truk, tahun depan rencana beli 2, kekurangannya kita cukupi tahunnm depannya lagi. RDF ini beroperasi 2025,” terangnya, dilansir dari laman Pemkab Rembang.

Selanjutnya Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTARU) akan membangun akses masuk ke TPA Landoh dari jalan raya Rembang-Blora. Ruas jalan tersebut akan diperlebar dan ditingkatkan.

Lebih lanjut Mantan Camat Sulang itu juga menyampaikan, bahwa Pemkab Rembang juga berkewajiban menyiapkan biaya operasional. Kalau seperti Kabupaten Cilacap, maka dibutuhkan anggaran Rp 10 miliar.

”Perkiraan bulan ke 3 atau 4 tahun 2024 mulai dibangun. Pembangunan fasilitas dan teknologi RDF ini memakan waktu 8 bulan,” pungkasnya.

Komentar