Rabu, 21 Februari 2024

Ini Juara Sayembara Desain Batik Jemaah Haji Indonesia

Dani Agus
Senin, 11 Desember 2023 23:19:00
Ilustrasi keberangkatan jemaah haji asal Kudus beberapa waktu lalu (Murianews/Yuda.Auliya Rahman)

Murianews, Jakarta – Kementerian Agama telah menetapkan pemenang Sayembara Desain Batik Jemaah Haji Indonesia yang sudah digelar sejak beberapa bulan lalu.

Dari karya yang masuk, batik motif Sekar Arum Sari ditetapkan sebagai pemenang Sayembara Desain Batik Jemaah Haji Indonesia. Ketetapan ini tertuang dalam Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Haji Dan Umrah Nomor 370 Tahun 2023 Tentang Penetapan Pemenang Dan Finalis Sayembara Desain Batik Jemaah Haji Indonesia.

”Setelah melalui serangkaian proses penilaian, Dewan Juri menetapkan Batik Motif Sekar Arum Sari karya Sony Adi Nugroho sebagai pemenangnya. Penetapan dewan juri ini kemudian dituangkan dalam bentuk Keputusan Dirjen PHU,” terang Direktur Layanan Haji Dalam Negeri Ditjen PHU Saiful Mujab di Jakarta, Senin (11/12/2023).

Motif Sekar Arum Sari terinspirasi dari melati putih, motif kawung, motif truntum, motif songket dan tenun, serta burung garuda. Filosofi dari motif ini adalah puspa nasional Indonesia digambarkan dengan bunga melati putih yang melambangkan simbol kesucian, keagungan, kesederhanaan, ketulusan, keindahan, dan rendah hati.

Selain pemenang, Dewan Juri juga telah menetapkan sembilan finalis. Pemenang dan para finalis ini merupakan hasil penetapan Dewan Juri sayembara desain batik Jemaah Haji Indonesia.

Mereka wajib menyerahkan hasil karya sayembara desain batik Jemaah Haji Indonesia dalam bentuk busana, dilengkapi dengan Mood Board, Story Telling dan Gambar Fashion, kepada Kementerian Agama Republik Indonesia cq. Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

“Pemenang mendapatkan sertifikat dan uang hadiah sebesar Rp 78 juta. Sementara sembilan finalis masing-masing mendapatkan sertifikat dan uang sebagai pengganti karya sayembara sebesar Rp 5 juta. Pajak ditanggung oleh penyelenggara,” tandasnya, dilansir dari laman Kemenag.

Sayembara Desain Batik Jemaah Haji Indonesia berlangsung sejak 25 Agutus 2023. Panitia melibatkan lima dewan juri yang diketuai oleh Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Eny Retno Purwaningtyas. Empat dewan juri lainnya adalah Komaruddin Kudiya (Ketua Asosiasi Perajin dan Pengusaha Batik Indonesia atau APPBI), Irna Mutiara (Desainer atau Perancang Busana), Monika Jufry (Desainer atau Perancang Busana), dan Yufie Safitri Sobari (Desainer atau Perancang Busana dan Akademisi).

 

Komentar