Jumat, 23 Februari 2024

Satpol PP Serahkan Sebelas Penjual Miras ke PN Jepara

Faqih Mansur Hidayat
Jumat, 18 Agustus 2023 19:09:00
Satpol PP Jepara menyita minuman keras dari warga. (Murianews/Faqih Mansyur Hidayat)

Murianews, Jepara – Satpol PP dan Damkar Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, melimpahkan berkas perkara jual beli minuman keras (Miras) ke Pengadilan Negeri (PN) setempat. Bersamaan dengan itu, sebelas pelaku juga turut diserahkan untuk dilakukan persidangan.

Kepala Bidang (Kabid) Penegak Undang-Undang, Ketertiban Umum, dan Ketenteraman Masyarakat (Gak UU Tibum Tranmas) pada Satpol PP Kabupaten Jepara , Abdul Khalim menyebutkan, sebelas orang itu berasal dari Kecamatan Mlonggo, Jepara dan Pecangaan. Mereka yaitu JU, DAP, PDW, SAB, AM, LNF, SK, JJ, MR, SK dan TAW.

”Berkas yang sudah kami serahkan itu merupakan hasil operasi sejak April 2023 hingga sekarang,” kata Khalim, Jumat (18/8/2023).

Khalim juga menyebutkan, total barang bukti yang diserahkan yaitu sebanyak 274 botol miras berbagai merk dan jenis.  Selain itu, ada mikrofon, CPU, box speaker, mixer, serta TV lcd 32 inci sitaan dari beberapa tempat karaoke.

Khalim menjelaskan, para pelaku itu telah melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Jepara Nomor 2 Tahun 2013 tentang Perubahan atas Perda Kabupaten Jepara Nomor 4 Tahun 2001 tentang Larangan Minuman Beralkohol.

Selain itu, mereka juga melanggar Perda Kabupaten Jepara Nomor 4 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Perda Kabupaten Jepara Nomor 9 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Usaha Pariwisata.

Terkait dengan penangkapan serta penyampaian barang bukti ke Kejari, menurut Abdul Khalim sebagai bentuk komitmen Satpol PP yang diberikan wewenang untuk menegakkan Perda yang berlaku di Kabupaten Jepara.

”Komitmen berantas alkohol, sampai dikatakan 0 persen di Jepara. Hal ini, tertuang dalam Perda yang ada. Ini juga sebagai koordinasi antar penegak hukum untuk berkomitmen terhadap Perda,” pungkasnya.

 

Editor: Cholis Anwar

TAG

Komentar